Internet
merupakan sebuah sarana yang bagus untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil,
namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis kecil yang tidak memanfaatkan sarana
ini. Kebanyakan para pengusaha bisnis kecil
masih suka mengandalkan pemasaran dengan cara konvensional dengan penjualan secara
langsung tatap muka. Padahal dengan menggunakan cara konvensional, sa’at ini
cukup berat, karena membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang cukup banyak,
sementara persaingan semakin ketat. Apalagi jika kita harus bersaing dengan
pemilik modal besar.
img : stockvault |
Mari coba kita
jawab pertanyaan-pertanyaan ini, lalu kita lihat dan bandingkan dengan bisnis
yang mempunyai modal besar.
- - Berapa banyak waktu yang tersedia untuk melayani pembeli (menunjukkan produk yang diminati konsumen, menjawab pertanyaan – pertanyaan seputar produk, menerima pembayaran ketika konsumen jadi membeli dll) dalam sehari?
- - Berapa banyak tenaga yang tersedia untuk melayani konsumen?
- - Berapa biaya yang ada untuk operasional, promosi, memperluas jangkauan pasar, dll?
Jujur saja,
sebagian besar dari kita pemilik bisnis kecil sulit untuk bersaing dengan
bisnis besar yang bisa melayani konsumen 24 jam, dengan tenaga pelayan yang
cukup banyak, dengan anggaran untuk operasional maupun promosi yang berlimpah
dan bisa membuka cabang banyak tempat untuk memperluas jangkauan pasar.
Kami kira tidak
perlu dijelaskan apa yang akan terjadi jika kita kalah bersaing dalam bisnis.
Mari sejenak kita bayangkan..... (akan lebih menyentuh jika diiringi dengan lagu
yang sedih..... ha ha ha)
Pemasaran
internet atau internet marketing menjadi salah satu solusi yang ampuh untuk
mengatasi masalah tersebut.
Beberapa keunggulan internet marketing dibanding pemasaran konvensional :
Penggunaan waktu yang maksimal
Jika dengan
pemasaran konvensional kita hanya bisa menggunakan waktu beberapa jam dari 24
jam waktu sehari semalam. Maka dengan internet marketing, kita hanya cukup
menggunakan waktu beberapa jam, dan pemasaran, termasuk penjualan, tetap
berjalan 24 jam sehari.
Display dan Informasi Produk lebih Lengkap
Internet
marketing memungkinkan kita untuk menampilkan semua produk yang kita miliki
serta memberikan informasi yang lengkap, sehingga konsumen bisa melihat,
memilih serta membandingkan produk – produk yang kita tawarkan, tanpa kita
harus melayani konsumen satu persatu.
Tenaga yang lebih sedikit
Dengan display
dan informasi yang lengkap, tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit, karena kita
tidak perlu mengambilkan produk untuk ditunjukkan kepada konsumen, menerangkan,
atau membandingkannya.
Biaya yang lebih kecil
Kita tidak perlu
menambah biaya untuk memperluas outlet (bahkan tanpa membuat outlet), menambah
rak, gantungan, monique atau sarana pajangan lain, agar semua produk kita bisa
dilihat konsumen. Kita tidak perlu menambah tenaga karyawan untuk melayani
konsumen. Tidak butuh biaya lebih untuk promosi dll.
Jangkauan pasar yang lebih luas
Kita bisa
menjangkau hampir semua wilayah. Tidak saja dalam negeri, bahkan bisa sampai
keluar negeri tanpa kita harus membuka outlet di wilayah tersebut. Karena internet
bisa diakses dari mana saja, di seluruh dunia. Dan ini juga bisa kita gunakan untuk membangun jaringan bisnis.
Dari beberapa
keunggulan tersebut diatas, kita bisa meningkatkan penjualan produk kita,
karena semakin luas pasar yang kita jangkau, semakin banyak produk yang bisa
kita tawarkan dan semakin banyak yang bisa kita layani.
Tanpa membutuhkan
waktu, tenaga serta biaya yang banyak, internet marketing ini sangat bagus
untuk diterapkan pada bisnis kecil untuk meningkatkan penjualan.
Bagaimana menurut
anda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar