Interntet Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kecil

Internet merupakan sebuah sarana yang bagus untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil, namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis kecil yang tidak memanfaatkan sarana ini. Kebanyakan para  pengusaha bisnis kecil masih suka mengandalkan pemasaran dengan cara konvensional dengan penjualan secara langsung tatap muka. Padahal dengan menggunakan cara konvensional, sa’at ini cukup berat, karena membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang cukup banyak, sementara persaingan semakin ketat. Apalagi jika kita harus bersaing dengan pemilik modal besar.

img : stockvault

Mari coba kita jawab pertanyaan-pertanyaan ini, lalu kita lihat dan bandingkan dengan bisnis yang mempunyai modal besar.

  • -   Berapa banyak waktu yang tersedia untuk melayani pembeli (menunjukkan produk yang diminati konsumen, menjawab pertanyaan – pertanyaan seputar produk, menerima pembayaran ketika konsumen jadi membeli dll) dalam sehari?
  • -    Berapa banyak tenaga yang tersedia untuk melayani konsumen?
  • -    Berapa biaya yang ada untuk operasional, promosi, memperluas jangkauan pasar, dll?

Jujur saja, sebagian besar dari kita pemilik bisnis kecil sulit untuk bersaing dengan bisnis besar yang bisa melayani konsumen 24 jam, dengan tenaga pelayan yang cukup banyak, dengan anggaran untuk operasional maupun promosi yang berlimpah dan bisa membuka cabang banyak tempat untuk memperluas jangkauan pasar.

Kami kira tidak perlu dijelaskan apa yang akan terjadi jika kita kalah bersaing dalam bisnis. Mari sejenak kita bayangkan..... (akan lebih menyentuh jika diiringi dengan lagu yang sedih..... ha ha ha)

Pemasaran internet atau internet marketing menjadi salah satu solusi yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa keunggulan internet marketing dibanding pemasaran konvensional :

Penggunaan waktu yang maksimal

Jika dengan pemasaran konvensional kita hanya bisa menggunakan waktu beberapa jam dari 24 jam waktu sehari semalam. Maka dengan internet marketing, kita hanya cukup menggunakan waktu beberapa jam, dan pemasaran, termasuk penjualan, tetap berjalan 24 jam sehari.

Display dan Informasi Produk lebih Lengkap

Internet marketing memungkinkan kita untuk menampilkan semua produk yang kita miliki serta memberikan informasi yang lengkap, sehingga konsumen bisa melihat, memilih serta membandingkan produk – produk yang kita tawarkan, tanpa kita harus melayani konsumen satu persatu.

Tenaga yang lebih sedikit

Dengan display dan informasi yang lengkap, tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit, karena kita tidak perlu mengambilkan produk untuk ditunjukkan kepada konsumen, menerangkan, atau membandingkannya.

Biaya yang lebih kecil

Kita tidak perlu menambah biaya untuk memperluas outlet (bahkan tanpa membuat outlet), menambah rak, gantungan, monique atau sarana pajangan lain, agar semua produk kita bisa dilihat konsumen. Kita tidak perlu menambah tenaga karyawan untuk melayani konsumen. Tidak butuh biaya lebih untuk promosi dll.

Jangkauan pasar yang lebih luas

Kita bisa menjangkau hampir semua wilayah. Tidak saja dalam negeri, bahkan bisa sampai keluar negeri tanpa kita harus membuka outlet di wilayah tersebut. Karena internet bisa diakses dari mana saja, di seluruh dunia. Dan ini juga bisa kita gunakan untuk membangun jaringan bisnis.

Dari beberapa keunggulan tersebut diatas, kita bisa meningkatkan penjualan produk kita, karena semakin luas pasar yang kita jangkau, semakin banyak produk yang bisa kita tawarkan dan semakin banyak yang bisa kita layani.

Tanpa membutuhkan waktu, tenaga serta biaya yang banyak, internet marketing ini sangat bagus untuk diterapkan pada bisnis kecil untuk meningkatkan penjualan.


Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post