Agar keuntungan
bisnis kita lebih maksimal, selain dengan mencari barang atau bahan baku yang
murah, seperti yang pernah kita bahas berapa waktu lalu, maka kita bisa
melakukannya dengan meningkatkan penjualan.
sebenarnya dapat
barang murah atau tidak, meningkatkan penjualan secara otomatis bisa
meningkatkan jumlah keuntungan dan itu adalah inti dari sebuah bisnis.
Kita bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan penjualan :
1. Melakukan promosi
Banyak sekali
cara melakukan promosi ini. Beberapa diantaranya sudah pernah kita bahas.
2. Meningkatkan layanan
Kita bisa
meningkatkan layanan dengan beberapa cara :
a. Memberi layanan antar
Memberi layanan
antar bisa dilakukan untuk pembeli yang langsung datang ke outlet ataupun yang
melakukan pembelian melalui telepon.
Tentukan syarat minimal untuk mendapatkan layanan antar
Biaya yang harus
dikeluarkan untuk layanan antar harus diperhitungkan, disesuaikan dengan perkiraan
jumlah keuntungan penjualan dan perkiraan jarak tempuh, yang memungkinkan untuk
dicover.
Oleh sebab itu,
harus ada syarat berlakunya layanan antar ini, bisa berdasarkan jumlah minimal
pembelian atau jarak lokasi.
Berdasar nilai nominal pembelian
Kita bisa
memberikan layanan antar hanya untuk pembelian jumlah tertentu. Disesuaikan
dengan produk yang kita jual. Untuk produk yang kecil-kecil mungkin jumlah pembeliannya
ditentukan dari nilai nominal pembelian. Sedangkan untuk pembelian produk yang
berukuran besar, bisa kita tetapkan berdasar jumlah kuantiti pembelian.
Jika produk yang
kita jual masih memungkinkan untuk dibawa sendiri, tentu layanan antar ini
kurang efektif, kecuali keuntungan cukup besar. Misalnya kita jual makanan
fried chicken, maka kita bisa mengantarkannya cukup dengan sepeda motor.
Sehingga keuntungannya masih cukup jika dipotong biaya kirim yang rendah.
Beda
kalau kita jual mie instan yang keuntungan per bungkus nya tipis, lalu
pembelian hanya 1 atau 2 bungkus, tentu keuntungan bisa habis untuk biaya pengiriman.
Oleh sebab itu perlu dibatasi minimal nominal belanja untuk mendapatkan layanan
antar ini.
Berdasarkan jumlah kuantiti pembelian
Kalau barang yang
kita jual ukuran besar, misalnya meubel atau kasur, tentu kita harus memberi
layanan antar, walau hanya membeli sebuah. Oleh karena itu, harga jual harus
diperhitungkan include biaya pengiriman.
Berdasar wilayah pengiriman
Kita harus
menetapkan batas maksimal wilayah pengiriman yang bisa kita layani. Misalnya
kita menentukan berdasarkan wilayah. Untuk wilayah kelurahan, kecamatan, atau
kabupaten saja, diluar wilayah tersebut tidak bisa kita layani atau kita layani
dengan tambahan biaya.
Berdasarkan jarak pengiriman
Jika lokasi
outlet kita berada didaerah dekat perbatasan, kita bisa menetapkan batas
maksimal layanan antar yang bisa kita berikan berdasarkan jarak. Misalnya 5
atau 10 km. Untuk memudahkan kita tidak perlu mengukur berapa jarak sebenarnya,
cukup dengan memperkirakan jarak 5 km itu kalau keutara berarti hanya sampai wilayah
A, kalau ke barat berarti hanya sampai wilayah B dan seterusnya.
b. Menyediakan fasilitas pemesanan barang melalui alat komunikasi
Kita bisa
menyediakan fasilitas pembelian/ pemesanan barang melalui email, telpon, sms
dan lain sebagainya. Namun karena sa'at ini jumlah pemakai handphone lebih banyak dari pemakai telepon, mungkin fasilitas pemesanan melalui sms lebih diutamakan, oleh sebab itu pertimbangkan untuk menggunakan operator selular yang paling bagus penangkapan sinyalnya di wilayah tersebut dan biaya pengiriman smsnya murah.
Dengan fasilitas
ini memudahkan konsumen untuk berbelanja tanpa harus datang ke outlet kita.
3. Mencari pembeli besar
Pembeli besar
terdiri dari dua macam. Yaitu pembeli yang untuk dipakai sendiri dan pembeli
yang untuk dijual lagi.
untuk pembelian untuk dipakai sendiri, biasanya karena beberapa hal :
a. Dipakai untuk melengkapi layanan jasa
Pembeli besar
yang untuk dipakai sendiri misalnya organisasi atau perusahaan. Umumnya ini
merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis layanan/ jasa, seperti bengkel,
hotel, dll
Dipakai untuk
melengkapi bisnis jasa nya. Misal laundry, mereka membeli dalam jumlah besar
bahan yang digunakan untuk proses laundry, seperti sabun cuci, cairan pelembut,
pewangi dan lain lain.
b. Dipakai untuk diolah lagi.
Biasanya ini
untuk barang yang berupa bahan baku dan bahan pelengkapnya.
Misalnya pabrik
sandal, mereka membeli bahan baku spon, lem dan lain-lain untuk memproduksi
sandal.
c. Dipakai karyawan/ anggota sendiri.
Karean pembelian
untuk digunakan sendiri, biasanya ini bukan untuk bisnis, tapi lebih pada
pemenuhan kebutuhan sendiri. Misalnya perusahaan yang menyediakan fasilitas
untuk karyawannya seperti seragam, catering untuk makan siang. Atau bisa juga
asrama/ pondok pesantren/ panti asuhan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari
untuk penghuninya.
Pembeli yang untuk dijual lagi
Ini pasti
perusahaan/ perorangan yang bisnis penjualan barang. Misalnya distributor, agen
atau toko pengecer.
Memberi layanan lebih yang lain
Masih banyak
sekali layanan tambahan yang bisa diberikan kepada konsumen, agar penjualan
produk atau jasa kita semakin meningkat.
Misalnya untuk
pembelian ac gratis ongkos pasang, potong rambut gratis creambat dan lain
sebagainya
(jika bermanfaat, silahkan dishare :) )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar