Mengenal Simbol Cara mencuci Pakaian

Mencuci pakaian bagi kebanyakan orang merupakan aktivitas rutin harian, apalagi yang menggeluti bisnis laundry. Namun ternyata kebanyakan tidak mengetahui cara mencuci yang benar, sesuai dengan bahan pakaian yang akan dicuci.

label simbol cara perawatan pakaian - sumber gambar rinso.co.id
Ada beberapa jenis kain yang memerlukan perawatan khusus, agar pakaian yang terbuat dari kain tersebut tidak cepat rusak dan lebih awet.
Petunjuk cara perawatan kain tersebut, biasanya terdapat pada label yang menempel dibagian tertentu pada pakaian. Label petunjuk cara perawatan tersebut terdiri dari 3 macam, cara mencuci, cara mengeringkan dan cara menyetrika.

Karena petunjuk tersebut berupa simbol-simbol, maka ada baiknya kita mengenal simbol-simbol tersebut, apalagi jika kita menjalankan bisnis laundry. Agar tidak terjadi komplain dari pelanggan akibat kerusakan pada pakaian yang kita tangani. Pada artikel kali ini kita mencoba mengenal simbol petunjuk cara pencucian.

Simbol ini digambarkan dengan bentuk seperti sebuah wadah yang berisi air. Menggambarkan tentang bagaimana seharusnya kita mencuci pakaian tertentu (dengan mesin cuci). Biasanya terdapat juga angka-angka yang menunjukkan temperatur/suhu air yang diperlukan saat mencuci. Selain angka, kita juga bisa menemukan titik (dot). Makin banyak titik, berarti makin tinggi pula suhu air yang diperlukan. Jika menemukan gambar tangan di atas wadahnya, ini berarti kita harus mencuci pakaian tersebut dengan tangan.
label simbol cara mencuci pakaian

Untuk lebih jelasnya mari kita uraikan sedikit penjelasan mengenai simbol-simbol tersebut :

Simbol Angka

Simbol angka ini menunjukkan suhu air yang harus Kita gunakan pada mesin cuci. Meskipun Kita mungkin bisa mencuci kapas pada suhu yang lebih rendah untuk menghemat energy, namun pakaian katun dapat dicuci pada suhu tinggi, seperti 95 derajat, , sedangkan bahan sintetis dan bahan wol biasanya perlu dicuci dengan air yang lebih dingin, sekitar 30 atau 40 derajat.

* Simbol Gambar tangan

Menyatakan bahwa pakaian ini hanya bisa dicuci tangan saja. Biasanya terdapat di pakaian yang sangat halus, khususnya sutra. Kita semestinya mencucinya dengan tangan, tapi jika pada mesin cuci terdapat menu pengaturan cuci tangan, kita bisa menghemat waktu dengan menggunakan pengaturan mencuci tangan pada mesin cuci Kita.

* Simbol lingkaran

Sedangkan simbol yang satu ini menyatakan bahwa pakaian ini harus dibersihkan dengan dry clean, secara profesional di laundry atau binatu. Beberapa jenis kain tidak bisa terkena air karena dapat menimbulkan noda, sehingga pakaian hanya bisa di dry-clean saja.

* Simbol Garis lurus atau putus-putus di bawah

Simbol ini menunjukkan kain lembut (garis utuh digunakan untuk sintetis dan garis putus-putus untuk bahan wol). Pakaian berbahan halus perlu dicuci pada siklus lembut dengan putaran lambat, sehingga jahitan dan serat kain tidak sobek atau terurai. Kita juga bisa menggunakan pengaturan handwash atau mencuci tangan untuk pakaian ini.

* Simbol Segitiga dengan silang

Simbol seperti ini menunjukkan bahwa Kita tidak bisa menggunakan produk pemutih pada pakaian ini, dikarenakan bahannya yang halus, atau resiko perubahan warna. Gunakan deterjen lembut yang bebas dari pemutih. Jika Kita harus menghilangkan noda sebelumnya, dikucek sedikit dengan deterjen langsung ke daerah kotor, dan jangan menggunakan pemutih.

Semoga sedikit penjelasan mengenai simbol cara mencuci pakaian ini bisa bermanfaat, terutama untuk kita yang bergerak di bidang laundry.



4 komentar:

lazu iana mengatakan...

makasih ya jdi makin tahu tenrang cara mencuci kaos kaki murah yang baik sehingga tidah kelihatan musahan lagi ..
makasih banyak lhooo

Varsity Jacket ZackCloth mengatakan...

kereeenn pas banget buat yang suka sama pakaian distro nih artikel

oh ia Bagi yang berminat dengan Jaket Baseball, Jaket Ariel, Jaket Fleece, Jaket Couple dll.kami Juga Menerima Pembuatan Jaket Kelas, Jaket Komunitas, dll
PESAN SEKARANG !!
Bisa hubungi kami SMS/WA 0896-7868-0389, pin BBM 26AF4EB6

Produsen Jaket Baseball

Adeline Niesha mengatakan...

salam kenal...
Artikelnya menarik dan bisa dicoba nanti..
kalau untuk tips mencuci kaos kaki muslimah seperti apa ya..
dan kalau ada tips lain yang menarik bagi juga ya...

adelia vanisa mengatakan...

salam kenal...
tipsnya membantu sekali ya... ternyata untuk memcuci baju kaos itu tidak baik kalau memakai pemutih ya...dan kalau untuk mencuci kaos kaki muslimah, apakah caranya juga sama?..
mohon infonya juga

Posting Komentar

Popular Post