Bisnis Laundry Kiloan

gambar mesin cuci laundry kiloanSeperti yang kita tahu, bisnis Laundry, merupakan bisnis jasa cuci mencuci yang semakin marak. Bahkan hampir disetiap jalan kita bisa temukan outlet loundry ini, terutama laundry kiloan.

Jaman dulu orang mengenal Laundry sebagai sebuah bisnis cuci mencuci hanya bagi kalangan orang kaya, yang punya pakaian bagus dan mahal, tapi nggak sempat nyuci sendiri (saking sibuknya ngitung duit ...he he he) atau karena tidak tahu cara mencuci pakaian dengan bahan tertentu, kuatir akan membuat pakaian tersebut rusak. Harga jasa laundry juga relatif mahal dan umumnya biaya dihitung per item barang dan berdasarkan jenis pakaiannya. Ada juga yang biayanya dihitung bedasarkan jenis layanannya. Layanan biasa, layanan cepat, kilat, ekspres yang hanya beberapa jam selesai. 

Karena bahan pakaian yang ditangani berharga mahal, tentu alat dan cara penanganannya tidak sembarangan. Sehingga diperlukan peralatan cuci yang kualitas bagus, sehingga harganyapun mahal dan tentu saja menyebabkan modal untuk bisnis laundry ini besar.

Namun dengan perkembangan jaman, dengan semakin banyaknya orang punya pakaian banyak, tidak ada waktu untuk mencuci sendiri, air gratis sulit didapat dikota, ataupun karena terbatasnya lahan untuk menjemur, menyebabkan banyak orang yang membutuhkan jasa laundry dengan harga terjangkau. Nah dari kondisi sinilah bisnis laundry kiloan muncul. 

Dan semakin hari peluang bisnis laundry kiloan ini semakin besar dan semakin luas. Jika beberapa waktu yang lalu laundry kiloan hanya bisa ditemukan dikota, sekarang laundry kiloan juga mulai merambah ke wilayah pinggiran. Hal ini tidak terlepas karena semakin sibuk dan semakin terasanya manfaat jasa laundry kiloan ini. 

Bisnis laundry yang kiloan sebenarnya tidak berbeda dengan laundry biasa, hanya saja karena perlakuan, bahan dan peralatan yang digunakan untuk mencuci yang lebih murah, karena jenis bahan pakaian yang dicuci adalah pakaian sehari-hari yang biasanya tidak terlalu mahal, serta sistem penanganannya secara borongan perkilogram, sehingga biaya laundry kiloan bisa jauh lebih murah dari laundry biasa.  

Sebagai perbandingan jika biaya laundry 1 baju sekitar Rp. 6.000,- (tergantung jenis bahan dan layanan), maka pada laundry kiloan dengan biaya yang sama, konsumen bisa mendapat layanan untuk 1 kg (sekitar 4-7 potong pakaian tergantung bahan).

Dengan harga yang sangat terjangkau, tanpa harus capek mencuci, pakaian sudah rapi dan wangi, tentu akan menarik lebih banyak konsumen. Sehingga diperkirakan potensi pasar bisnis laundry kiloan akan semakin besar. Harga peralatan untuk mencuci yang semakin beragam, tergantung merk dan kualitasnya, dari harga yang mahal sampai harga yang murah. Tentu juga membuat peluang kita untuk ikut terjun pada bisnis laundry kiloan ini terbuka lebar.

Dan keuntungannya pun cukup menggiurkan, apalagi jika menggunakan sabun produksi sendiri, sehingga biaya pembelian sabun bisa dikurangi tanpa mengurangi kualitas layanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post