Peralatan Bisnis Laundry – Mesin Cuci

Pada dasarnya mesin cuci atau washing machines yang digunakan untuk bisnis laundrykiloan biasanya sama dengan mesin cuci yang biasa digunakan pada rumah tangga umumnya. Mesin cuci ini bisa dengan mudah didapatkan di banyak toko elektronik bahkan di beberapa hypermarket, dengan merk-merk terkenal seperti Thosiba,  LG, Samsung, Sanken  atau Electrolux.


Ada dua model bukaan (posisi tabung) mesin cuci yang beredar dipasaran, yaitu mesin cuci dengan bukaan atas (top loading) dan  atau mesin cuci dengan bukaan depan (front loading).


A. Mesin cuci ‘top loading’ atau yang membuka keatas.
Mesin cuci top loading yang tutupnya membuka keatas ini, menggunakan tabung yang berdiri vertikal. Mesin cuci jenis ini ada yang menggunakan 2 tabung dan ada yang menggunakan 1 tabung.
mesin cuci toploading merk LG


Untuk mesin cuci yang menggunakan 2 tabung, masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. 1 tabung untuk proses mencuci, sedangkan tabung yang  1 untuk proses pemerasan. Sehingga untuk setelah proses mencuci selesai, maka untuk memerasnya, pakaian harus dipindah ke tabung pemeras.

Sedangkan untuk mesin cuci yang menggunakan 1 tabung, maka proses pencucian dan pemerasannya menggunakan tabung yang sama. Untuk merubah fungsi pencucian menjadi pemerasan, dengan mengatur menu yang tersedia.

Dalam hal penggunaan air, mesin cuci dengan bukaan atas menggunakan air lebih banyak daripada mesin cuci bukaan depan. Hal ini karena pada mesin cuci bukaan atas, air harus diisi dahulu sampai tanda batas yang ditentukan, baru mesin dijalankan.

Mesin cuci bukaan atas karena perputarannya secara horisontal menyebabkan air yang ada di dalamnya membentuk pusaran air yang menyebabkan pakaian saling melilit. Sebagian pendapat umum mengatakan bahwa hasil pencucian dengan mesin type ini kurang maksimal, sehingga untuk mendapatkan hasil cucian yang bersih, mereka masih harus menyikat atau mengucek dengan tangan. Terutama untu bagian-bagian tertentu, seperti pada kerah atau ujung lengan.

B. Mesin cuci ‘front loading’ atau bukaan depan.
mesin cuci front loading merk LGMesin cuci jenis ini hanya menggunakan 1 tabung. Umumnya tabung  mesin ini berfungsi pencuci sekaligus untuk pemeras. Namun ada beberapa type yang hanya bisa digunakan untuk proses mencuci saja.


Penggunaan air pada mesin bukaan depan relatif lebih hemat, karena air akan dikeluarkan secara sedikit-sedikit selama proses pencucian.

Pada waktu proses pencucian, tabung mesin cuci bukaan depan berputar secara vertikal menyerupai perputaran roda menyebabkan pakaian selalu jatuh ke bawah sehingga pakaian tidak saling melilit. Sehingga hasil pencucian mesin cuci bukaan depan lebih baik dari mesin cuci bukaan atas, karena dengan perputaran vertikal tersebut menyebabkan  pakaian seperti digesek-gesek/ dikucek.

Tingkat kekeringan hasil proses pemerasan pada mesin cuci jenis ini mencapai 95%, sedangkan mesin cuci bukaan atas hanya menghasilkan 70% tingkat kekeringan.

Putaran tabung yang tinggi serta banyaknya fasilitas yang disediakan, menyebabkan kebutuhan listrik untuk mesin cuci type ini umumnya lebih tinggi.

Catatan  : 

Karena pada bisnis laundry terdapat mesin khusus pengering yang menggunakan pemanas ( yang akan kita bahas pada artikel Peralatan Bisnis Laundry - Mesin Pengering), sehingga hasilnya memang benar-benar kering (tidak perlu dijemur/ diangin-anginkan). Maka agar tidak rancu, disini kita menggunakan istilah pemerasan untuk proses pengeringannya, karena walaupun  kebanyakan orang menyebutnya sebagai tabung/ mesin pengering, namun pada kenyataan hasilnya tidak benar-benar kering (istilah jawanya kering mamel atau atus). Walaupun sudah tidak menetes, tapi masih mengandungan air.

Semoga pembahasan tentang alat laundry kiloan-mesin cuci ini, bisa sedikit menambah ide bisnis kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post