Penyebab Utama Bisnis Kecil Menengah Sering Bangkrut

Pernahkah Anda melihat sebuah bisnis yang tadinya ramai, secara perlahan mulai sepi kemudian mati?
Pernahkah Anda mengalami omset penjualan besar, tapi bisnis Anda tidak berkembang atau bahkan modal Anda menyusut? lalu bangkrut?
Anda tidak sendirian, ada banyak usaha kecil menengah (UKM) tidak pernah bertahan sampai lima tahun. Banyak juga yang mampu melewati lima tahun pertamanya dengan kondisi kembang kempis. Sekarat, mengalami penderitaan yang panjang dengan banyak beban masalah, sebelum akhirnya mati.
Begitu berat dan sulitkah membangun sebuah bisnis ?
Jika kita mau belajar dari kesalahan penyebab kebangkrutan yang sering dilakukan oleh pengusaha UKM dan menghindari/ mengantisipasi, agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama, sangat mungkin bisnis kita akan maju dan berkembang.
Sebenarnya ada banyak kesalahan yang seringkali dilakukan UKM yang menyebabkan kebangkrutan, namun mengerucut menjadi 4 penyebab.

Penyebab Utama Bisnis Kecil Menengah Cepat Bangkrut

1. Ingin Melakukan Semuanya Sendirian

Melakukan semuanya sendirian diawal merintis bisnis tidak masalah. Hal ini justru selain bisa untuk menekan biaya, juga membuat kita semakin memahami bagaimana sebenarnya bisnis yang kita jalankan tersebut.
(Dengan memahami bisnis tersebut, membantu kita menyusun strategi pemasaran, stock dll. Nantinya juga bisa memudahkan kita membuat aturan atau standarisasi pekerjaan untuk karyawan.)

Tapi ketika sudah mulai berjalan, kita membutuhkan orang atau alat untuk membantu,
Tanpa bantuan orang atau alat pekerjaan Anda bisa terbengkalai. Kualitas produk/ layanan bisa menurun, keuangan bisa kacau, stock bisa tidak terkontrol, pemasaran tidak maksimal dll.

2. Mengabaikan Pentingnya Mengatur Keuangan

Hal ini bisa disebabkan karena malas atau tidak mengerti cara mengatur keuangan.
Jika masalah pertama diatas bisa ditangani, maka masalah ini bisa lebih mudah diatasi, yaitu dengan merekrut orang yang menguasai bidang keuangan atau menggunakan alat bantu berupa software atau aplikasi.
Bahkan dengan pengaturan keuangan yang baik, masalah terbatasnya modal yang umumnya dialami pengusaha UKM pun akan bisa diatasi.
Keuangan ini sangatlah vital bagi sebuah bisnis. Ibarat darah untuk kehidupan. Jika penanganannya kacau, hampir bisa dipastikan bisnis tersebut akan mati.
Cara sederhana untuk mengatur keuangan adalah dengan memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Langkah awalnya dengan membayar diri sendiri. 
Silahkan baca Sistem Pengupahan Pribadi Untuk Bisnis Kecil

3. Tidak Mempunyai Kemampuan Pemasaran Yang Baik

Sebaik apapun produk/ jasa yang kita miliki, tanpa kemampuan pemasaran yang baik. Maka produk/ jasa tersebut akan sulit diterima pasar dan tentu saja ini akan menyebabkan bisnis kita tidak akan bisa berjalan dengan baik.
Transaksi yang sedikit akan membuat pemasukan tidak mencukupi untuk menutupi pengeluaran, yang pada akhirnya akan menggerogoti modal.
Hal ini bisa diatasi dengan meningkatkan kemampuan pemasaran kita sendiri, menggunakan jasa atau merekrut orang yang mempunyai kemampuan pemasaran yang baik atau menggunakan alat/ sarana pemasaran yang sekarang sangat banyak tersedia.
Ada banyak sarana online untuk membantu pemasaran, baik yang gratisan maupun berbayar.

4. Tidak Fokus Dalam Satu Bidang

Banyak pengusaha UKM yang tidak sabar dalam menjalankan usaha mereka, sehingga mulai lirak lirik usaha yang lain.
Ingin mencoba menambah atau berganti bidang usaha yang lain, tanpa melihat kemampuan.

Jika beberapa masalah utama diatas sudah bisa diatasi, hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika belum, akan menimbulkan masalah baru yang akan semakin memperberat jalannya usaha.
Logikanya menangani 1 bidang usaha saja masih kesulitan apalagi menangani bidang usaha lain, yang tentunya akan membutuh tenaga, pikiran dan biaya juga.
Dengan mengetahui penyebab utama yang sering menyebabkan kebangkrutan usaha kecil menengah (UKM), kita bisa menghindari dan mengantisipasi, sehingga bisnis kita bisa lebih maju dan berkembang.

Bagaimana menurut Anda ?

Silahkan dishare jika menurut Anda bermanfaat.

Salam Berdaya di Negeri Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post