Jasa Desain Grafis Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Menggiurkan

Jasa desain grafis merupakan sebuah bisnis rumahan modal kecil yang sangat prospektif dengan potensi keutungan yang menggiurkan. Namun banyak orang yang tidak berani melirik bisnis ini karena merasa tidak mempunyai kemampuan untuk membuat desain grafis, mungkin termasuk Anda.
Padahal jika Anda berani mencoba, termasuk membaca artikel ini, Anda akan menemukan sebuah bisnis rumahan yang sangat menggiurkan. Bayangkan hanya dengan modal mulai 3 – 9 juta rupiah, bisa meraup keuntungan jutaan hingga puluhan juta rupiah perbulan.

Dalam artikel ini kami mencoba membahas beberapa point yang perlu Anda ketahui :
  • Modal Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Jasa Desain Grafis
  • Potensi Pendapatan Bisnis Jasa Desain Grafis
  • Media Promosi Bisnis Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis Bisnis Rumahan Modal Kecil

Modal Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Jasa Desain Grafis

Modal untuk bisnis jasa relatif kecil, misalnya saja jasa desain grafis yang untuk memulainya hanya membutuhkan :

  • Laptop/ komputer (PC)
  • Handphone (untuk komunikasi/ promosi)
  • Program desain grafis
Harga PC dengan ram 4 GB dipasaran harganya sangat variatif antara 1,5 – 7 juta tergantung spesifikasi. Kebanyakan sekarang toko komputer menyediakan PC rakitan yang komponennya di rakit sesuai dengan kebutuhan pembeli. Anda bisa berkonsultasi dengan penjualannya agar bisa mendapatkan PC dengan spesifikasi sesuai kebutuhan dan harga yang sesuai bugjet.

Harga laptop 4 GB dipasaran ditawarkan dengan harga 3 – 8 juta tergantung spesifikasi. Untuk awal bisa menggunakan sejenis Lenovo IdeaPad S210t-2961 (Processor Intel Pentium 1.8 GHz, Harddisk 500 GB, Ram 4 GB, Layar 11.6 inch) yang harganya sekitar 3 juta rupiah.

Anda bisa memilih menggunakan Komputer (PC) atau laptop, sesuai kebutuhan.

Harga Handphone mulai 500 ribu hingga 3 juta rupiah. HP merk Asus ZenFone Go (Dual SIM, RAM 2 GB, Memori Internal 8GB / 16GB, dua kamera) dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah, sudah cukup memadai.

Harga program desain grafis yang populer seperti CorelDraw atau Photoshop berkisar antara 2 - 8 juta rupiah. Tapi Anda bisa menggunakan Powerpoint yang biasanya sudah terinstal di komputer/ laptop.

Powerpoint umumnya digunakan untuk membuat materi presentasi, namun ternyata powerpoint bisa digunakan untuk membuat desain grafis dengan lebih mudah dibanding program-program khusus desain grafis.

Ada banyak tutorial penggunaan powerpoint untuk desain grafis di internet, salah satunya di youtube

Jika ingin lebih praktis Anda bisa menggunakan Levidio yang dijalankan menggunakan powerpoint hanya dengan drag & drop. 

Levidio merupakan aset grafis yang digunakan untuk membuat video dan grafis berkualitas untuk keperluan promosi bisnis, yang penggunaannya sangat mudah walaupun untuk pemula. Levidio cukup laris dipasaran internasional, karena kemudahan penggunaan dan kualitasnya.
Bahkan Levidio volume 5 sudah digunakan untuk mengerjakan project Hollywood studios dan beberapa stasiun TV di luar negeri. DetailLevidio vol 5

Levidio juga mempunyai aset grafis dengan tema muslim yang bisa digunakan untuk membuat desain promosi produk-produk Islami. DetailLevidio Ramadhan

Potensi Pendapatan Bisnis Jasa Desain Grafis

Harga yang ditawarkan untuk jasa desain cukup bervariasi, namun sebagai gambaran untuk Anda bisa melihat potensi pendapatan dari bisnis ini kami sampaikan harga kisarannya.


Kisaran Harga Jasa Desain Grafis :
Kartu Nama, Kop Surat, Amplop, ID Card, Disc Cover : Rp.45.000 - Rp. 150.000
Banner, Poster, Spanduk, Reklame, Billboard : Rp.100.000,- Rp. 500.000
Desain Kaos : Rp. 50.000 - Rp. 275.000
Brosur : Rp. 45.000 - Rp. 200.000
Cover Buku : Rp.150.000,- Rp. 350.000
Menu : Rp.75.000,- Rp. 250.000
Logo : Rp 150.000 – Rp. 2.000.000
Foto profil FB : Rp. 20.000 – Rp. 200.000

Pembuatan video promosi : Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000 permenit

Bisnis Rumahan Modal Kecil harga Jasa Desain Grafis

Harga diatas hanya kisaran saja, tergantung lokasi, tingkat kesulitan dan pasar. Untuk pasar perusahaan/ instansi biasanya lebih tinggi dari daftar diatas. Bahkan bisa berlipat-lipat dari harga pasaran. Seperti di tuturkan seorang pengguna Levidio yang pernah mendapat project pembuatan video promosi sebuah perusahaan otomotif senilai 35 juta untuk durasi sekitar 5 menit.

Anda juga bisa mengembangkan bisnis jasa ini dengan memproduksi berbagai macam bahan promosi dan menjualnya.

Misalnya Anda menawarkan jasa pembuatan kaos promosi, kaos kampanye, payung promosi, banner, spanduk dll. Atau bisa juga membuat kaos dengan desain Anda sendiri dan menjualnya dengan merk sendiri.


Dengan modal desain yang sudah dibuat, Anda bisa memesan di tempat produksi. Misalnya pesan ke produsen kaos (cukup banyak produsen kaos yang menawarkan jasa maklon) atau Menjual kumpulan template desain melalui marketplace.

Media Promosi Bisnis Jasa Desain Grafis

Anda bisa menawarkan jasa/ promosi menggunakan berbagai media sosial (facebook, istagram dll) atau beberapa situs jual beli yang sudah populer seperti tokopedia, oxl, Bukalapak, Fjb Kaskus, Elevenia, dll.

Bisa juga menggunakan beberapa situs lain seperti :

Kebanyakan situs-situs diatas tidak memungut biaya alias gratis, yang bisa gunakan untuk menawarkan jasa Anda untuk pasar Indonesia.

Jika ingin menawarkan jasa Anda secara Internasional, bisa menggunakan beberapa situs berikut :
dan beberapa situs sejenis


Kami harap setelah membaca artikel ini bisa sedikit memberi gambaran bagaimana menggiurkannya peluang bisnis jasa desain ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post