Kisah Mantan Manajer Yang Sukses Merintis Bisnis Tanpa Modal

Edie Juwandie adalah seorang pengusaha yang nekat keluar dari sebuah perusahaan multi Nasional dengan posisi sebagai manajer, untuk merintis bisnis nya sendiri tanpa modal.

Kebebasan menjadi salah satu motivasi pengusaha yang bergerak dibidang kerajinan berbahan limbah bonggol jagung ini, sehingga nekat keluar dari perusahaan. Menurutnya “Sehebat-hebatnya bekerja disuatu perusahaan tetap menjadi orang suruhan dan tidak mempunyai kebebasan”
Bisnis tanpa modal kerajinan dari limbah bonggol jagung
Img : http://ilovebonggoljagung.blogspot.co.id

Tidak hanya itu, pengusaha ini juga membakar semua ijazahnya sebagai bentuk kekecewaan/ kebencian dengan kondisi di Indonesia yang menjadikan ijazah sebagai pintu masuk untuk melamar pekerjaan.

Dimana ijazah menjadi suatu yang diagung-agungkan, sehingga hampir semua perusahaan hanya melihat ijazah sebagai tolok ukur. Antara ijazah atau pendidikan dengan dunia kerja tidak matching (tidak sesuai). Banyak mereka yang mempunyai ijazah yang nganggur.

Pengusaha berasal dari Bogor, Jawa Barat ini, menyulap limbah bonggol jagung menjadi aneka kerajinan bernilai tinggi, seperti lampu hias, kap lampu, tempat tisu, anyaman tas, ornamen dan masih banyak lainnya.

Menurutnya usaha tersebut dirintis tanpa modal, Modalnya hanya satu yaitu USTAD DUKUN  dan DUIT.  USTAD DUKUN  kependekan dari USaha Tanpa Dana Duduk dengan teKUN. Sedangkan modal DUIT yaitu Do’a Usaha Ikhlas dan Tawakal.

Untuk mengembangkan pemasaran bisnisnya, Edie Juwandie dengan membawa brand DIPAR (Natural Handycraft Ethnic), rajin mengikuti pameran kerajinan tangan, baik pameran tingkat Nasional maupun Internasional.

Walaupun banyak permintaan dari luar negeri namun pengusaha ini sudah tidak melayani, tapi justru memilih memberikan pelatihan di berbagai kota, agar lebih banyak orang khususnya anak muda yang mampu berkreasi dengan bahan limbah. Dengan demikian akan semakin banyak anak muda yang mau merintis bisnis kecil mereka sendiri, tanpa tergantung dengan ijazah atau perusahaan orang lain.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak video wawancara Edie Juwandie dalam acara Kick Andy.



Semoga bermanfaat. Bagaimana menurut Anda?


1 komentar:

agen poker mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

Poker Online
Agen Poker Online
PokerV
Poker uang Asli

Poskan Komentar

Popular Post