3 Macam Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang bisnis rumahan yang menjanjikan merupakan peluang yang paling banyak dicari orang untuk memulai bisnis sendiri karena kebanyakan hanya membutuhkan modal kecil.

Sebelum mencari peluang bisnis rumahan dengan modal kecil ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bisnis rumahan ini. karena jika salah memilih seringkali akan membuat kita merasa tidak cocok, merasa tidak sesuai dengan bayangan kita lalu berhenti menjalankanya sebelum berhasil menikmati kesuksesan. Apalagi kecilnya modal yang dikeluarkan, bahkan ada yang nyaris gratis, membuat kita meremehkan dan mudah untuk berhenti atau berganti-ganti.

Saya percaya uang modal yang cuma 1, 2 juta atau 10 juta mungkin kecil bagi Juragan J Namun jangan lupa Gan, bahwa kita akan kehilangan waktu ketika berganti-ganti bidang usaha. Dan waktu itu adalah modal yang tidak bisa dibeli L.

Untuk lebih mudah kita akan mencoba membagi bisnis rumahan ini menjadi 3 macam, yaitu :
  • Bisnis yang bisa dijalankan di rumah.
  • Bisnis yang bisa dijalankan di rumah dan disela-sela aktifitas rumah tangga
  • Bisnis yang bisa dijalankan disela-sela aktifitas rumah tangga

Sekilas ketiga macam bisnis rumahan ini mempunyai arti yang sama, namun sebenarnya mempunyai pengertian dan konsekuensi yang berbeda.
Ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan
Para ibu rumah tangga yang bergabung dalam bisnis rumahan “Trio Rumah Flanel Bersaudara” sedang membuat produk dari bahan flanel | img : cvhamba.com

Bisnis yang bisa dijalankan di rumah.

Bisnis yang bisa dijalankan di rumah bisa diartikan bisnis apapun itu yang lokasi kegiatannya di rumah. Bisnis ini sangat banyak sekali, bahkan boleh dikatakan hampir semua bisnis bisa dilakukan di rumah, dari mulai bisnis dagang, jasa maupun manufaktur.

Kita bisa membuka toko, salon, laudry, bengkel, servis elektronik bahkan produksi barang dalam skala kecil di rumah, dan masih banyak lainnya.

Konsekuensi dari bisnis yang dijalankan di rumah ini salah satunya tentu memakan sebagian ruangan di rumah serta aktifitas sehari hari di rumah. Boleh dikatakan bisnis rumahan macam ini menjadi bagian kehidupan kita, bahkan seringkali aktifitas bisnisnya bisa dimulai sejak bangun tidur hingga kita berangkat tidur. Apalagi jika konsumen kita orang-orang di lingkungan tempat tinggal kita.

Misalnya kita buka toko sembako di rumah. Kita harus melayani kapanpun pembeli datang. Apakah kita sedang melakukan aktifitas rumah tangga seperti memasak, mencuci atau sedang makan. Maka kita harus menghentikan aktifitas tersebut untuk melayani pembeli. Kayaknya nggak asyik banget dilihatnya, jika kita melayani pembeli dengan pipi mengembung karena mulut kita penuh makanan.... ha ha ha

Bahkan seringkali kita harus terbangun dari tidur karena ada pembeli yang mengetuk pintu toko kita.
Walaupun bisnis rumahan ini bisa dimulai dengan modal kecil, namun karena membutuhkan ruangan dan peralatan, membutuhkan modal yang berkisar mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Bisnis yang bisa dijalankan di rumah dan disela-sela aktifitas rumah tangga

Bisnis rumahan seperti ini bisa diterapkan untuk bisnis perdagangan, jasa dan produksi skala kecil. Bisnis ini umumnya perpaduan antara bisnis offline dan bisnis online.

Sebagai contoh : Sekarang banyak ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis rumahan macam ini dengan menjadi reseller atau agen produk kesehatan, kecantikan, fashion, asesoris,  Twin Tulipware dll. Mereka membeli produk-produk itu untuk stok, tanpa di pajang sehingga tidak menggunakan ruangan khusus dirumah. Kemudian menawarkan produk-produk tersebut secara online dengan media blackberry masanger (BBM), whatsapp, facebook, twiter dan media sosial lainnya, serta website/ blog.

Mereka bisa melayani pembeli yang bertanya atau order dengan handphone disela-sela kegiatan memasak, menyapu bahkan sambil berdandan.

Produksi skala kecilpun bisa dimasukkan dalam macam bisnis rumahan ini. kita bisa menawarkan produk yang buat kita secara online dan membuatnya ketika ada pesanan.

Misalnya kita bisnis kue atau asesoris souvenir pernikahan dll. Kita bisa menawarkan produk kita dengan media seperti yang disebut diatas dan baru membuat produk tersebut setelah ada pesanan.

Untuk memulai bisnis macam ini juga bisa menggunakan modal yang kecil, berkisar mulai ratusan hingga jutaan rupiah.

Bisnis yang bisa dijalankan disela-sela aktifitas rumah tangga

Bisnis rumahan macam ini biasanya berupa bisnis online yaitu sebagai dropship dan afiliasi produk atau jasa orang lain. Bisnis ini untuk memulainya bisa dilakukan disela-sela kegiatan kita, cukup dengan menggunakan handphone atau komputer di rumah. Bisnis macam ini begitu fleksibel, bahkan terkadang tidak terlihat secara fisik kita sedang melakukan bisnis.

Macam bisnis rumahan ini berkembang cukup pesat dan banyak diminati. Banyak bermunculan peluang bisnis rumahan yang tergolong praktis ini. Bahkan banyak sistem bisnis yang dibuat begitu mudah, karena menggunakan sistem yang otomatis sehingga memudahkan orang yang menjalankannya. (silahkan klik disini untuk contohnya)

Untuk memulai bisnis macam  ini seringkali hanya dibutuhkan modal kurang dari 2 jutaan rupiah, bahkan ada yang boleh dikatakan tanpa modal karena saking kecilnya modal yang harus dikeluarkan.

Demikian 3 macampeluang bisnis rumahan dengan modal kecil. Namun untuk mencapai sukses dengan hasil yang memuaskan, kita tetap harus serius, tekun dan sabar dalam menjalankannya.

Ketika bisnis rumahan ini mulai berkembang mungkin perlu dipertimbangkan untuk menggunakan ruangan khusus dan tenaga orang lain untuk membantu menanganinya, bahkan untuk macam bisnis rumahan seperti dropship dan afiliasi.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan memberikan ide bisnis rumahan dengan modal kecil bagi kita.

Bagaimana menurut anda Juragan? J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Post