Memulai Bisnis Tanpa Modal Adalah Kebohongan Besar?!

Banyak orang yang tidak bisa segera memulai bisnis mereka sendiri. Alasan klasik yang paling sering disampaikan adalah karena kesulitan mendapatkan modal. Sebuah pertanyaan mudah yang mudah dijawab adalah bisakah memulai bisnis tanpa modal? Jawabannya adalah tidak bisa. Untuk memulai sebuah bisnis, apapun jenisnya pasti dan harus dengan modal.

Kalo ada yang mengatakan bahwa “memulai bisnis tanpa modal”, apakah itu bohong?! Tergantung apa yang mereka maksud dengan modal. Karena kebanyakan orang menganggap bahwa uang adalah satu-satunya modal untuk memulai sebuah bisnis, maka apa yang mereka katakan adalah benar adanya.
pengusaha online yang sukses tanpa modal
Setyo Eko Wicaksono yang di dunia maya nama populernya adalah Mario Barker, salah seorang pengusaha online yang sukses tanpa modal uang | onino.web.id


Jika modal = uang, maka kalimat tersebut menjadi  “memulai bisnis tanpa uang” dan itu memang bisa dilakukan. Namun “memulai bisnis tanpa modal” tidaklah mungkin.

Karena modal utama untuk memulai bisnis sebenarnya adalah kemauan dan tekad. Jadi jika tanpa modal kemauan dan tekad, sebuah bisnis tidak akan bisa di mulai.

Walaupun kita punya banyak uang, kalau kita tidak mempunyai kemauan. Bagaimana mungkin kita bisa memulai bisnis?

Nggak percaya?! Nggak apa-apa, boleh saja koq.

Coba kita lihat berapa banyak orang yang menjadi pegawai dengan jabatan yang tinggi, yang tentu saja penghasilan mereka cukup besar. Jika pengelolaan keuangan mereka benar, pasti uang yang mereka miliki cukup banyak. Tapi apakah mereka mempunyai bisnis? Belum tentu, karena walaupun uang mereka banyak, kalau tidak mempunyai kemauan memulai bisnis, mereka tidak akan punya bisnis.

Tapi dengan mempunyai modal kemauan, tekad dan kepercayaan, tanpa uang sedikitpun, kita bisa memulai sebuah bisnis.

Bagaimana caranya memulai bisnis tanpa uang? Ya tentu dengan modal kemauan dan tekad tersebut kita bisa memulai bisnis. Dengan kemauan serta tekad, kita akan berusaha mencari cara untuk itu dan biasa akan ketemu caranya.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah dengan cara yang pernah kita bahas di artikel yang lalu yaitu bekerja pada perusahaan orang lain.

Target pertama yang wajib kita capai adalah membangun kepercayaan. Nah dengan modal kemauan dan tekad ditambah dengan modal kepercayaan inilah, kita bisa memulai bisnis tanpa uang.

Bulshit, omong kosong, mana bisa memulai bisnis tanpa uang. Mungkin kata-kata itu akan muncul dari mulut orang yang skeptis. Tapi pada kenyataannya tidak sedikit  milyuner dunia yang memulai bisnis pertamanya tanpa uang. Dengan modal kepercayaan dari pemilik barang, dia berusaha meyakinkan calon pembelinya. Dan dia berhasil menjual barang milik orang lain tersebut tentu karena calon pembeli percaya kepadanya.

Ah kalo itu sih namanya makelar bro... eh liat dulu bedanya. Kalau makelar itu kan mempertemukan antara penjual dan pembeli, yang melakukan negoisasi serta transaksi adalah kedua belah pihak. Kalaupun kita melakukan transaksi, hanyalah sebagai wakil dari penjual. Dan kita akan mendapat komisi, jika transaksi terjadi.

Sedangkan yang di lakukan ini, dia melakukan negoisasi dan transaksi dengan pembeli atas namanya sendiri. Dan dia mendapatkan uang dari hasil keuntungan, bukan dari komisi.

Jadi dia melakukan negoisasikan harga serta syarat dan ketentuan dengan pemilik barang. Kemudian dia menjual barang tersebut dengan harga yang sudah ditambah keuntungan yang dia inginkan, kepada pembeli.

Ah itu sih dia emang beruntung.... iya bener, dia memang menciptakan keberuntungannya dengan kemauan, tekad dan kepercayaan yang dia perjuangkan.

Kalau masih belum yakin, kapan-kapan kita cari kisah-kisah sukses para pengusaha sukses dah. Tapi untuk sementara kita cukupkan dulu dah artikel ini... J

Sampai jumpa dilain waktu....semoga dimasa depan, kita semua semakin sukses.


Bagaimana menurut anda? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post