Semoga Tidak Terjadi Pada Kita.... Sakitnya Tuh Disini

Banyak pelakubisnis kecil yang tidak mendapat bayaran. Padahal kita berhak mendapat bayaran atas pekerjaan kita. Karena kita bekerja pada bisnis kita, baik itu outlet ataupun produksi, maka kita berhak mendapat bayaran dari outlet atau industri kita.

Kita tidakmendapat bayaran, tetapi seringkali kita menggunakan uang yang ada untuk berbagai keperluan. Padahal uang yang ada tersebut mungkin uang bisnis yang seharusnya untuk membayar tagihan barang yang jatuh tempo atau membeli bahan baku untuk memproduksi pesanan dari pelanggan.

Memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis sangatlah penting.

Kita bisa menggunakan uang pribadi untuk keperluan pribadi. Segala sesuatu terkait pengeluaran pribadi, biaya hidup, kebutuhan rumah tangga, biaya sekolah, harus dibayar dengan uang pribadi.

Uang bisnis hanya boleh digunakan untuk keperluan bisnis. Pembelian bahan baku, pembayaran ongkos kirim barang, biaya produksi dan lain sebagainya, bisa kita gunakan uang bisnis.

Jika kita menggunakan uang bisnis, untuk keperluan pribadi, maka keuangan bisnis bisa terganggu. Bahkan jika uang yang kita gunakan cukup banyak, bisa menggerus modal bisnis.

Jika uang bisnis yang seharusnya untuk operasional bisnis tidak cukup, maka akan membuat jalannya bisnis menjadi tersendat. Dan hal ini akan menyebabkan hasil dari bisnis tersebut akan ikut tersendat juga.

Uang hasil penjualan sebanyak apapun, kalau tidak digunakan untuk keperluan bisnis, akan membuat bisnis tidak berkembang. Dan parahnya jika, hal tersebut berlangsung terus menerus atau dalam jumlah yang besar, akan menyebabkan bisnis kita bangkrut.

Bisa kita bayangkan, ketika sudah sa’atnya bayar tagihan yang jatuh tempo atau ada pesanan barang dari pelanggan, sedangkan kita keuangan kita tidak mencukupi. Bisa jadi kita tidak akan mendapat barang dari suplayer sebelum tagihan dibayar. Dan kalau tidak ada barang untuk dijual, tidak ada bahan baku untuk diproduksi, kita mau bisnis apa?

Ah, tenang saja... kita kan bisa cari utangan keteman atau saudara. Ya kalau sekali dua kali sih nggak apa-apa, tapi kalau terus terusan siapa yang mau kasih hutangan, apalagi jika hutang yang kemarin belum dibayar. Itupun kalau yang mau dimintai hutang punya uang lebih.

Bisa hutang di bank koq... kan banyak marketing bank yang datang nawarin kredit. Betul juragan.... tapi jangan lupa, berurusan dengan bank itu ada prosedurnya. Dan itu tidak sebentar, bisa dua tiga hari, bahkan beberapa minggu, tergantung proses yang dilakukan pihak bank.

Bisa saja sih, ambil kredit dari selain bank yang menawarkan kredit instan, satu dua jam bisa cair. Tapi biasanya bunganya cukup tinggi.
Semoga Tidak Terjadi Pada Kita.... Sakitnya Tuh Disini
ilustrasi | m2.tabloidnova.com

Seringkali kita menggunakan uang yang ada, untuk keperluan yang tidak produktif.

Kalau sedang banyak hasil penjualannya, makan enak. Tapi kalau hasil penjualannya sedang sepi makan seadanya. Ini sama saja membuat persoalan ganda. Penjualan sepi itu menyedihkan, apalagi kalau tidak punya uang ketika keluarga dirumah membutuhkan. Sudah ditempat bekerja sedih, sudah capek ... pulang kerumah mau istirahat, eh diomeli istri karena nggak ada uang untuk beli nasi..... Sedih berlipat....dan itu menyakitkan. Sakitnya tuh disini.... ha ha ha

Dengan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Ketika bisnis ramai kita senang dan ketika bisnis sedang sepi kita tidak terlalu kuatir, karena kebutuhan pribadi dan keluarga dirumah sudah terpenuhi dengan uang pribadi.

Membawa uang dalam jumlah besar itu berbahaya, apalagi jika kita orang yang nggak tega’an. Masih mending kalau ada yang mau punya uang untuk keperluan mendesak dan kita tidak tega untuk menolak. Repot kalau dimintai uang sama istri untuk nambah koleksi kalung emasnya yang sudah satu peti, kita nggak tega nolaknya. Ditawari sales elektronik, kita nggak tega nolaknya. Apalagi kalau sales yang nawari cantik dan rayuannya maut.... ha ha ha

Bisa-bisa uang tersebut habis dalam waktu cepat, untuk hal-hal yang tidak produktif.... dan kita lihat apa yang akan terjadi?

Bagaimana menurut anda?
(Jika bermanfaat, Silahkan dishare...  J )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post