Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan Penjualan Pada Bisnis Kecil

Salah satu cara untuk meningkatkankeuntungan penjualan pada bisnis kecil - Untuk meningkatkan keuntungan penjualan pada bisnis kecil yang paling utama adalah dengan  dengan membeli barang atau bahan baku yang lebih murah. Yang dimaksud lebih murah disini  bukankah yang berkualitas lebih rendah,  namun barang dengan kualitas standar,  yang  bisa dibeli dengan harga murah.
SPG sedang mengedukasi konsumen | Gbr : indonesia5.com

 Ada beberapa cara untuk mendapatkan harga beli yang lebih murah :

1. Membeli barang ke prinsipel atau distributor
2. Memanfaatkan program dari perusahaan

 Kita akan coba membahas sedikit cara tersebut  diatas.

Membeli barang ke prinsipel atau distributor

 Dengan membeli barang ke principle atau distributor kita sudah bypass jalur distribusi sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah.  Namun seringkali prinsipel atau distributor memberikan syarat  kuota  yang cukup besar atau syarat beberapa pembelian dengan harga normal.  Hal ini bertujuan untuk melindungi rekan kerjasama (toko agen atau toko grosir) yang selama ini sudah mendistribusikan produk mereka, sehingga secara tidak langsung orang yang ingin berhubungan langsung dengan prinsipel atau distributor diarahkan untuk membeli pada rekanan tersebut. 

Cara pembelian beberapa kali dengan harga normal, sebelum bisa mendapatkan harga yang murah biasanya dilakukan untuk melihat kemampuan dalam penyerapan produk mereka dan keseriusan kita untuk menjadi salah satu rekan bisnis.

Hal ini, juga untuk menghindari jebakan dari kompetiter, yang memborong produk mereka untuk merusak pasar.

 Memanfaatkan program dari prinsipel atau distributor

Seringkali perusahaan mempunyai beberapa program penjualan baik yang terkait dengan waktu,seperti misalnya  menjelang hari raya idul fitri atau pun menjelang natal dan tahun baru.  Maupun program program lain yang terkait dengan kebijakan perusahaan itu sendiri misalnya program diskon, program kuota,  program bendit,  program cuci gudang  dan program program yang lain.

Program diskon

Program diskon biasanya diberikan  atau ditawarkan oleh perusahaan dengan syarat tertentu misalnya dengan syarat pembelian cod , dengan syarat minimal pembelian atau dengan sistem paket.
Dengan syarat pembelian cod,  barang tersebut tidak bisa diretur  atau dikembalikan.

Program kuota 

Program kuota  biasanya ditawarkan dengan syarat minimal pembelian, hampir sama dengan  program diskon.  Namun jika program diskon biasanya hanya pada waktu waktu tertentu,  program kuota ini biasanya berlaku setiap waktu sesuai dengan syarat minimal pembelian.

Program bendit

Program bendit adalah program pembelian  satu dapat dua yang  yang yang dibendit menjadi satu, sehingga harga belinya lebih murah daripada pembelian produk secara terpisah. Dengan menjual secara terpisah barang dari program bendit, maka keuntungan menjadi lebih besar.

Program cuci gudang

Program cuci gudang  biasanya dilakukan untuk produk yang tidak terlalu laku atau masih banyak stok di gudang perusahaan tersebut,  sehingga perlu untuk segera dikeluarkan untuk memperlancar cashflow dari perusahaan.

Program kemitraan

Program kemitraan memberikan beberapa keuntungan, terutama untuk sebuah toko. Dengan program kemitraan ini, prinsipel selain memberi diskon khusus, juga memberi suport berupa brosur/ poster/ spanduk, promo penjualan, edukasi/ pengenalan produk kepada masyarakat yang nantinya akan diarahkan pembeliannya ke toko kita maupun bantuan pelayanan, dengan ikut membantu melayani konsumen sekaligus edukasi pasar.

Sebenarnya masih ada cara yang lain untuk mendapatkan harga beli yang murah yaitu dengan membeli barang black market,  cara ini sangat tidak dianjurkan karena rawan berurusan dengan hukum.

Dengan mendapatkan harga beli lebih murah, kita bisa meningkatkan keuntungan melalui 2 cara :

1.      Memperbanyak penjualan

Semakin murah harga barang atau bahan baku yang bisa kita beli maka  harga jual kita akan lebih kompetitif.  Dengan harga yang lebih kompetitif diharapkan akan banyak pembeli yang datang, sehingga memperbanyak penjualan. Walaupun keuntungan yang kita peroleh sama atau lebih kecil daripada kita menjual dengan harga normal, namun karena penjualan banyak, maka faktor kali akan membuat keuntungan total jadi meningkat.

2.      Peningkatan keuntungan secara otomatis

Kita menjual barang dengan harga normal, namun karena harga beli kita lebih murah, maka otomatis keuntungan akan meningkat.

Demikian beberapa cara mendapatkan harga lebih murah untuk meningkatkan keuntungan penjualan.

Bagaimana menurut anda?


(silahkan di like jika anda suka dan boleh share jika bermanfaat :) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post