Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Kecil

Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Kecil - Mengembangkan bisnis kecil menjadi tujuan utama yang justru kebanyakan diabaikan oleh pelaku bisnis kecil. Pengabaian ini umumnya disebabkan karena beratnya tantangan yang kita rasakan disebabkan ketatnya persaingan atau disebabkan kita terlena, merasa cukup nyaman dengan apa yang sudah kita peroleh selama ini.

Padahal bisnis yang tidak berkembang akan sangat rawan untuk merosot dan bangkrut. Karena hampir setiap waktu ada pemain bisnis baru atau pemain bisnis lama yang mulai berkembang dan merebut pasar bisnis kita.

Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Kecil
ilustrasi | waspada.co.id
Beratnya persaingan bisnis yang dirasakan sebenarnya lebih karena kebanyakan kita tidak mau belajar dan mengikuti perkembangan jaman.

Karena kita tidak mau belajar sehingga seringkali membuat kita mengalami kesulitan disebabkan ketidak tahuan kita. Bisa jadi jika kita mau belajar, menambah wawasan dan pengetahuan, kita jadi tahu bahwa sebenarnya ada langkah atau cara mudah untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Seperti misalnya pada pengembangan bisnis kecil ini, sebenarnya ada cara mudah yang bisa kita lakukan.

Kalau mau menyimak beberapa artikel yang sudah pernah kita bahas beberapa waktu yang lalu, kita bisa mengetahui beberapa cara pengembangan bisnis kecil ini.

Ketika kita sudah menjalankan bisnis beberapa waktu, kita bisa melihat barang apa yang paling laku. Pilihlah salah satu jenis barang paling laku tersebut, kemudian kita ambil dalam jumlah lebih banyak sesuai batas minimal yang diterapkan oleh produsen atau agen, untuk mendapatkan discount atau program tertentu.

Jika jumlah minimal yang ditetapkan produsen atau agen melebihi jumlah stok untuk 1 bulan penjualan, kita bisa menawarkan kelebihan barang tersebut dengan harga grosir kepada pelaku bisnis lain.

Misalnya sembako, maka kita menawarkan kepada warung/ rumah makan dengan harga grosir untuk jumlah pembelian tertentu.

Untuk awal cukup pilih salah satu barang dulu yang kita beli dalam jumlah banyak, kita sesuaikan dengan jumlah dana kita.

Kita upayakan barang tersebut bisa habis terjual dalam waktu 1 bulan, agar dana kita yang mengendap tidak terlalu banyak. Semakin cepat perputaran modal, maka akan semakin besar keuntungan.

Dengan cara sederhana ini kita sudah mengembangkan bisnis kecil kita dari hanya melayani eceran menjadi grosiran.

Setelah modal kita berkembang, maka kita bisa menambah jumlah item barang yang kita ambil dalam jumlah yang memenuhi syarat mendapatkan discount atau program tertentu.

Sebelum kita mencoba cara ini, kita bisa juga mencari calon pembeli barang yang akan kita ambil tersebut.

Prinsipnya bisa diterapkan juga untuk bisnis yang memproduksi barang. Kita bisa melihat bahan baku mana yang paling sering kita pakai, pilih salah satu untuk kita beli dalam jumlah lebih banyak. Dan cara penerapannya sama dengan contoh diatas.

Kita akan coba bahas cara mudah pengembangan bisnis kecil yang lain pada kesempatan yang lain.

Bagaimana menurut anda?

(silahkan ajukan pertanyaan atau pendapat pada bagian komentar dibawah, mari kita diskusikan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post