Jangan Jual Dengan Harga Murah

Jangan Jual Dengan Harga Murah - Persaingan bisnis yang semakin ketat seringkali membuat para pelaku bisnis kecil menerapkan strategi paling mudah dalam bisnis, yaitu menjual dengan harga murah, agar bisa bertahan dalam persaingan tersebut.

Tidak ada salahnya dengan menerapkan harga murah tersebut, namun sebenarnya penerapan strategi menjual dengan harga murah mempunyai banyak kelemahan, kecuali hal tersebut hanya diterapkan sebagai bagian dari sebuah strategi besar.

Jika strategi menjual dengan harga murah ini diterapkan sebagai satu-satunya strategi untuk bersaing, maka justru akan menjadi bumerang untuk kita.

Ada beberapa alasan kenapa menjual dengan harga murah tidak dianjurkan sebagai satu-satunya strategi bisnis :

  • Produk yang dijual murah akan terkesan sebagai barang  murahan dengan kualitas rendah. Kecuali produk tersebut memang produk berkualitas rendah. Jika sebuah produk sudah dicap sebagai produk murahan, maka akan sulit untuk menaikkan harga jual produk tersebut.
  • Kalau bisa mendapat untung wajar kenapa harus mengambil untung sedikit. Bukankah tujuan utama menjalankan sebuah bisnis adalah mencari keuntungan?
  • Keuntungan yang kecil membuat dana untuk pengembangan menjadi sulit untuk terkumpul. Sementara sebuah bisnis yang tidak berkembang akan beresiko bangkrut, karena semakin hari persaingan akan semakin ketat karena semakin banyaknya pelaku bisnis.
  • Jika keuntungan terlalu kecil bisa menyebabkan kita kesulitan dana untuk biaya operasional. Dengan sulitnya mencukupi biaya operasional, maka kemungkinan besar bisnis tersebut sedang berjalan menuju kebangkrutan.


Jika produk kita merupakan produk yang bagus sangat tidakdianjurkan untuk menjualnya dengan harga murah, karena masih ada beberapa bisnis yang bisa digunakan untuk menghadapi persaingan.

Strategi bersaing tanpa harus menjual dengan harga murah :

Berikan discount. 

Daripada menjual dengan harga murah, yang bisa menimbulkan kesan barang murahan, lebih baik dijual dengan harga wajar dengan memberi discount. Misalnya kita menjual produk dengan harga Rp. 65.000,- kemudian kita memberikan discount Rp. 10.000,-, maka bisa akan menimbulkan kesan pembeli mendapatkan barang yang bagus dengan harga murah dan ini tentu akan menyenangkan karena mendapatkan sesuatu yang lebih “lebih murah”. Ini lebih baik daripada kita menjual dengan harga Rp. 55.000,- yang tentunya akan membuat pembeli tidak merasa mendapatkan sesuatu yang  lebih.

bonus penjualan

Berikan bonus

Pada dasarnya kebanyakan orang senang dengan pemberian. Mendapatkan bonus dari pembelian sebuah produk tentu akan membuat pembeli senang.

Berikan layanan lebih. 

Memberi layanan lebih bisa menjadi nilai tambah, bahkan bisa membuat pembeli menjadi terkesan. Kesan yang baik bisa melekat dalam ingatan pembeli, sehingga membuat produk atau jasa kita akan mudah diingat ketika mereka membutuhkannya.

Jadi kalau bisa menjual dengan harga wajar, kenapa harus menjual dengan harga murah dan melepaskan peluang untuk bisa berkembang.

Bagaimana menurut anda?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post