Memperluas Jaringan Pasar Bisnis Modal Kecil

MemperluasJaringan Pasar Bisnis Modal KecilBanyak orang beranggapan bahwa bisnis modal kecil merupakan bisnis yang tidak mempunyai prospek dimasa depan. Kerasnya persaingan bisnis sering kali dituding sebagai penyebab kekalahan bisnis modal kecil berhadapan dengan bisnis modal besar.

Padahal sebenarnya keberhasilan sebuah bisnis bukanlah semata-mata ditentukan besar kecilnya modal, namun lebih kepada kemampuan untuk melayani konsumen.

warung makan, bisnis modal kecil
warung makan Tegal | sisihidupku.wordpress
Karena inti dari sebuah bisnis adalah melayani konsumen. Bahkan boleh dikata, tidak ada konsumen tidak ada bisnis.

Semakin banyak konsumen yang bisa dilayani, maka akan semakin besar hasil yang diperoleh. Dan  jika bisa mengelola hasil dengan baik akan mempercepat perkembangan bisnis itu sendiri.

Kita ambil contoh bisnis kuliner misalnya warung makan. Kuliner boleh dikatakan merupakan bisnis yang tidak ada matinya, dengan potensi yang sangat besar. Karena bisnis ini melayani kebutuhan dasar manusia, yaitu makan. Namun pada kenyataannya tidak sedikit warung makan yang tidak bisa berkembang bahkan bangkrut. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab sebuah bisnis tidak bisa berkembang, tapi pada kesempatan kali ini kita mencoba membahas mengenai pasar saja.

Huft…. Bisnis warung makan saja koq dibahas jaringan pasarnya, kayak bisnis besar saja macam restoran.:hmm2:

Nah pikiran yang semacam ini yang kadang menghambat kita untuk berkembang, bahwa hanya bisnis besar saja yang boleh berpikir tentang pengembangan. Pemikiran seperti ini harus dibalik. Orang bisnis besar saja berpikir mengenai pengembangan, padahal mereka sudah besar, kenapa bisnis kecil tidak berpikir tentang pengembangan.

Justru seharusnya bisnis kecil ini berusaha lebih keras untuk pengembangan, agar menjadi besar.

Warung makan modal kecil mungkin akan kalah bersaing dengan warung makan yang bermodal lebih besar atau rumah makan. Apalagi trend yang berkembang dibeberapa daerah, banyak rumah makan yang menawarkan menu special mereka dengan harga yang tidak lebih mahal daripada harga menu makan di warung kecil. Padahal tempat, penampilan, serta layanan mereka lebih bagus dari warung makan.

Hal ini harus disiasati pemilik warung makan yang notabene bisnis modal kecil dengan memperluas jaringan pasarnya. Misalnya dengan membuka cabang, baik milik sendiri maupun kerjasama dengan orang lain.

Warung makan kecil sebenarnya punya beberapa kelebihan dibanding rumah makan besar untuk memperluas jangkauan pasar.

Beberapa kelebihan warung makan modal kecil dibanding rumah makan modal besar :

1.       Tampilan lebih sederhana

Tampilan sederhana warung kecil membuat konsumen dari kalangan menengah kebawah tidak kuatir untuk datang membeli, karena sesuai dengan daya beli mereka. Dan jumlah orang dari kalangan menengah kebawah ini lebih banyak jumlahnya daripada orang kaya, sehingga potensi pasarnya lebih besar.

2.       Tempat relatif kecil.

Karena tempat yang dibutuhkan kecil, biasanya lebih mudah mendapatkannya dibanding tempat yang luas dan modalnya pun lebih kecil. Apalagi jika tempat disediakan pihak lain, yang mau bekerjasama.

3.       Tenaga kerja lebih sedikit.

karena tempatnya yang kecil tentu mempunyai daya tampung yang sedikit, sehingga misalnya ramai pembelipun biasanya tidak melebihi kapasitas, kecuali dibungkus untuk dibawa pulang, sehingga tenaga kerja untuk melayani pembeli juga sedikit. Sehingga biaya tenaga kerja juga lebih kecil. Apalagi jika warung makan tersebut dikelola pemilik tempat, sehingga kita cukup hanya menyediakan masakan saja.

4.       Pengelolaan lebih mudah

Umumnya pengelolaan warung makan tidaklah sulit. Tidak banyak bagian yang harus diurusi dan tenaga kerja nya pun bisa menangani berbagai macam pekerjaan sekaligus.


Dengan membuka cabang, baik milik sendiri maupun kerjasama dengan orang lain ini tentunya akan membuat bisnis modal kecil kita lebih berkembang. Mungkin tetap bisa menjadi bisnis modal kecil atau justru berkembang menjadi jaringan rumah makan yang bermodal besar. :gembira:

Ini tidak hanya bisa diterapkan pada bisnis kuliner dengan modal kecil, seperti warung makan saja. Namun bisa diterapkan untuk bisnis modal kecil lainnya seperti bisnis pulsa, bisnislaundry dan lain sebagainya.


  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post