Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Kecil

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis KecilTidak sedikit orang yang takut untuk mulai menjalankan bisnis kecil, terutama yang belum pernah mencoba berbisnis. Bahkan orang yang pernah gagal memulai bisnis, karena tidak tahu cara meminimalisir resiko bisnis, seringkali lebih takut, bahkan terkadang menularkan ketakutannya kepada orang lain.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir resiko bisnis, terutama jika kita belum pernah menjalankan sebuah bisnis dan kita masih menjadi seorang pegawai.


1.      Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan passion
2.      Mulailah dari bisnis sampingan
3.      Mulai Bisnis kecil-kecilan
4.      Lakukan tes pasar terlebih dahulu
5.      Jangan berutang untuk modal
6.      Jangan langsung meninggalkan pekerjaan utama Kita


Pada kesempatan ini kita akan membahas 2 poin dulu, yaitu :

·         Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan passion
·         Mulailah dari bisnis sampingan

Mari kita coba bahas satu persatu :

1.      Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan passion

Ini sangat penting, karena dengan menjalankan sebuah bisnis yang sesuai dengan passion kita, membuat kita bersemangat dan menikmatinya. Dengan semangat kita akan mengerjakan segala sesuatu dengan cepat, tidak menunda-nunda. Action/ bertindak adalah kunci utama keberhasilan sebuah bisnis.
Bahkan sebaik apapun bisnis kita, seberapa banyakpun modal kita, tanpa sebuah tindakan bisnis kita tidak akan pernah jalan.
Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “perjalanan ribuan mil, dimulai dari sebuah langkah”
Dengan menikmati, semua kegiatan yang terkait dengan bisnis yang kita rintis akan menyenangkan. Rasa takut, rasa lelah menjadi tidak terasa. Bahkan hambatan/ rintangan menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan.

2.       Mulailah dari bisnis sampingan

Ini terutama jika kita masih bekerja sebagai pegawai pada perusahaan atau orang lain.
Dengan memulai bisnis sampingan, kita mendapatkan beberapa keuntungan :
a.   Kita masih punya penghasilan yang menopang biaya hidup sehari-hari. Karena diawal perintisan, seringkali bisnis kita belum memberikan keuntungan.
Walaupun sudah menghasilkan tetapi umumnya masih belum cukup untuk menutupi biaya-biaya, sehingga belum memberikan keuntungan.
cara meminimalisir resiko bisnis kecil
Mulailah dari bisnis sampingan | febriramadhani.blogspot.com

b.    Kita dapat mengenalkan produk-produk kita kepada teman atau orang2 dilingkungan kerja. Bahkan jika pekerjaan kita memungkinkan kita untuk beraktifitas diluar kantor, misalnya kita bekerja dibagian pemasaran atau distribusi, kita juga bisa mengenalkan produk kita kepada orang yang kita temui.
Tapi tentu saja kita harus menyesuaikan kondisi. Jangan sampai aktifitas bisnis sampingan kita mengganggu kerja dan merugikan perusahaan. Baik dalam hal waktu maupun materi.

c.  Kita masih punya teman yang bisa kita ajak untuk ngobrol, berdikusi atau sekedar curhat, karena seringkali pada masa perintisan bisnis kita mengalami kekecewaan karena hasil yang diperoleh belum sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Kita sering mengalami kejenuhan karena belum ada perkembangan pada bisnis kita.
Ini sulit kita dapatkan jika kita sudah tidak bekerja sebagai pegawai, karena walaupun dulu kita punya banyak teman ditempat kerja, tentu kita tidak bisa datang untuk ngobrol dengan mereka, karena mereka sedang bekerja dan kita tidak punya kepentingan yang sama dengan mereka, karena kita sudah tidak bekerja disitu.
Lain halnya jika kita masih bekerja disebuah perusahaan. Kita masih bisa ngobrol, berdiskusi atau sekedar curhat kepada teman-teman kerja disela sela aktifitas pekerjaan.

d.   Bisnis sampingan pertama akan mengajarkan Kita banyak hal, bukan saja tentang berbisnis, tetapi juga bagaimana menghadapi jatuh-bangun dalam berusaha. Kita akan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari cara produksi (jika kita membuat sendiri), pemasaran produk hingga mencetak keuntungan. Tentunya, Kita tidak boleh putus asa dalam menghadapi berbagai gejolak bisnis.

Demikian 2 poin yang sudah kita bahas, kita akan membahas poin-poin yang lain pada artikel selanjutnya.

Tetap semangat ya Gan…:semangat!:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post