Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Kecil (Bagian 3)

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Kecil (Bagian3)Halo… kita ketemu lagi Gan…:)
Setelah kemarin kita bahas 4 poin “Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Kecil” :
1.      Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan passion
2.      Mulailah dari bisnis sampingan
3.      Mulai Bisnis kecil-kecilan
4.      Lakukan tes pasar terlebih dahulu

Pada kesempatan ini kita akan bahas 2 poin terakhir  :
5.      Jangan berutang untuk modal
6.      Jangan langsung meninggalkan pekerjaan utama Kita

Yuk langsung kita bahas 2 poin tersebut :

5.      Jangan berhutang untuk modal

Ini adalah hal yang sangat penting. Sebisa mungkin, gunakan uang yang Kita telah tabung secara khusus sebagai modal usaha Kita. Hindari mengambil pinjaman uang -- apakah melalui KTA (kredit tanpa agunan), pengadaian maupun kartu kredit-- karena jika sampai bisnis tidak berjalan lancar, Kita setidaknya tidak terjerat utang.
cara meminimalisir resiko bisnis kecil bagian 3
Jangan berhutang untuk modal bisnis | mafiakartukredit.com

Selain itu, mulailah dengan modal kecil dan jangan sampai menguras tabungan Kita. Kita setidaknya harus masih memiliki tabungan darurat yang cukup untuk menyokong hidup Kita untuk tiga bulan mendatang.

Kesalahan fatal yang seringkali dilakukan ketika merintis sebuah bisnis salah satunya adalah tidak menyisihkan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Padahal biasanya dalam beberapa 3 bulan pertama, bisnis baru belum mempunyai keuntungan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup kita.

Sebagai jalan pintas biasanya kita memakai uang yang digunakan untuk bisnis tersebut atau menggunakan barang dagangan untuk dipakai sendiri. Ini akan mengganggu perkembangan bisnis kita, apalagi jika uang atau barang yang kita pakai melebihi dari keuntungan yang didapat dari bisnis tersebut. Sebab akan memakan modal.

Kalau kita bisa disiplin untuk tidak menggunakan uang atau barang dagangan kita, tanpa adanya dana khusus untuk kehidupan sehari-hari, akan sangat menyulitkan. Apalagi jika kita sudah berkeluarga, tentulah tidak mungkin kita mengabaikan kebutuhan hidup tersebut.

Tidak tersedianya dana khusus untuk menopang kebutuhan sehari-hari, bisa menimbulkan persoalan dengan pasangan kita. Ini sangat mengganggu dan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar.

Padahal berdasarkan hasil survey beberapa milyuner di Amerika (ma’af saya lupa judul buku yang dibuat berdasar survey tersebut :D) menunjukkan bahwa pasangan hidup mempunyai peranan penting dalam kesuksesan seorang.

6.      Jangan langsung meninggalkan pekerjaan utama Kita

Kalau Kita masih bekerja kantoran, usahakan untuk tidak langsung mengundurkan diri demi bisnis sampingan Kita, apalagi jika belum terbukti sukses. Ini ada kaitannya dengan yang disebutkan dalam poin 2 diatas.

Jika bisnis sampingan Kita sudah berjalan lancar dan pemasukan dari bisnis ini mendekati, atau melampaui gaji, barulah Kita boleh berhenti dari kantor. Kalau pun bisnis Kita tidak berjalan semestinya, Kita tidak akan mengalami masalah keuangan terlalu besar karena masih memiliki pekerjaan kantoran.

Demikian beberapa “Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Kecil”.

Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai bisnis modal kecil.

Semoga sukses selalu ya Gan.... [-O<


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post