Mari kita lanjutkan lagi pembahasan kita tentang cara meningkatkan omzet bisnis cuci sepeda motor yang kemarin terputus.
4. Fasilitas minum
Busyet mewah benar ya?!
Tempat cuci motor aja pakai fasilitas minum, boros dong?!.
Eit jangan salah...
fasilitas minum ini nggak harus gratis loh. Kalau Cuma air putih doang sih
gratis nggak apa-apa, apalagi kalau pakai air isi ulang (Tapi pilih isi ulang
yang terjamin kelayakan minumnya ya).
Kalau minuman teh, susu
atau soda, ya bayar dong. Sediakan minuman dalam kemasan. Lebih bagus kalau
dimasukkan kedalam box yang berisi es batu atau lemari showcase yang bisa
disewa dari distibutor minuman kemasan.
Dengan fasilitas ini,
selain memudahkan pelanggan yang membutuhkan minuman, bisa juga menjadi
pemasukan tambahan. Apalagi kalau ditambahi dengan makanan kecil/ snack.
Bahkan kalau banyak
pelanggan kita banyak, kita bisa sekalian buka warung disitu. Kita jadi punya 2
sumber penghasilan dilokasi yang sama.
Lah... ngurusin cuci
motor ajar kualahan, apalagi ditambah ngurusin warung?
Eh Gan, kalau tempat cuci
sepeda motor kita dah rame, kan nggak mungkin kita cuci sendiri. Kita pasti
harus nyari orang buat ngebantuin. Semacam pegawai gitulah. Lha kalau dah ada
pegawai, ya biar pegawai kita aja yang nyuci sepeda motor, kita tinggal ngontrol
hasil kerjaan merangkap kasir ama njagain warung.
Tapi ngomong-omong, kalau
perkara nambah sumber penghasilan, kita bisa juga menyediakan pernak-pernak
atau peralatan yang terkait dengan sepeda motor, misalnya kain lap semacam
kanebo, shampo/ semir ban dll. Bahkan bisa juga asesoris sepeda motor seperti
spion, stiker dll.
Kalau mau buat nyoba, ya
sediain sedikit dulu saja, sambil melihat respon pelanggan.
5. Promosi
Promosi ini sangat
penting untuk dilakukan untuk menambah pelanggan kita. Ada beberapa promosi
yang lazim dilakukan oleh pelaku bisnis cuci motor ini. Salah satunya dengan
memberikan penawaran gratis cuci setiap beberapa kali mencucikan. Penawaran ini
biasanya dengan cara memberikan kupon kepada pelanggan setiap kali mencuci,
yang bisa dikumpulkan dan diberikan kembali kepada kita setelah terkumpul
beberapa kupon untuk mendapatkan fasilitas cuci gratis.
Bentuk promosi yang lain,
yaitu dengan undian berhadiah. Untuk ini, tentunya harus ada kupon tersendiri
yang bisa diberikan kepada pelanggan untuk setiap kali mencuci atau setiap kali
menggunakan fasilitas cuci gratis (yang berarti setelah beberapa kali mencuci).
Dan jangan lupa untuk
memberitahukan promosi ini kepada pelanggan. Kalau pelanggan tidak ada yang
tahu tentang promosi ini, tentunya tidak akan maksimal hasilnya. Semakin banyak
pelanggan yang tahu,maka biaya yang dikeluarkan untuk promosi ini menjadi lebih
efektif dan murah.
Biaya untuk promosi yang
dianggarkan, bisa diperoleh dengan memotong pendapatan dari setiap unit sepeda
motor.
Waduh ngapain ribet-ribet
nyediain fasilitas segala?! Orang saya buka cuci sepeda motor gini aja dah
laku.
Betul Gan!. Tapi jangan
lupa, mencuci motor itu bukan suatu yang sulit. Hampir semua orang bisa
melakukannya. Jadi jika dah punya tempat dan peralatannya, siapa saja bisa
bisnis cuci sepeda motor. Yang berarti akan menjadi kompetiter kita. Apalagi
potensi keuntungan dari bisnis ini sangat menggiurkan, yang tentunya akan
mengundang banyak orang untuk mencoba terjun dalam bisnis ini. Kalau yang buka
tempat cucinya banyak, maka persaingan akan semakin ketat. Jangankan mau
meningkatkan omzet, mempertahankan agar omzet tidak turun saja bisa menjadi
sulit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar