(2) Meningkatkan Omzet Bisnis Cuci Sepeda Motor

Mari kita lanjutkan lagi pembahasan kita tentang cara meningkatkan omzet bisnis cuci sepeda motor yang kemarin terputus.

4. Fasilitas minum

Busyet mewah benar ya?! Tempat cuci motor aja pakai fasilitas minum, boros dong?!.
Eit jangan salah... fasilitas minum ini nggak harus gratis loh. Kalau Cuma air putih doang sih gratis nggak apa-apa, apalagi kalau pakai air isi ulang (Tapi pilih isi ulang yang terjamin kelayakan minumnya ya).

Kalau minuman teh, susu atau soda, ya bayar dong. Sediakan minuman dalam kemasan. Lebih bagus kalau dimasukkan kedalam box yang berisi es batu atau lemari showcase yang bisa disewa dari distibutor minuman kemasan.
showcase untuk menyimpan dan memajang minuman kemasan

Showcase minuman kemasan

gambar : sadhana.co.id

Dengan fasilitas ini, selain memudahkan pelanggan yang membutuhkan minuman, bisa juga menjadi pemasukan tambahan. Apalagi kalau ditambahi dengan makanan kecil/ snack.

Bahkan kalau banyak pelanggan kita banyak, kita bisa sekalian buka warung disitu. Kita jadi punya 2 sumber penghasilan dilokasi yang sama.

Lah... ngurusin cuci motor ajar kualahan, apalagi ditambah ngurusin warung?

Eh Gan, kalau tempat cuci sepeda motor kita dah rame, kan nggak mungkin kita cuci sendiri. Kita pasti harus nyari orang buat ngebantuin. Semacam pegawai gitulah. Lha kalau dah ada pegawai, ya biar pegawai kita aja yang nyuci sepeda motor, kita tinggal ngontrol hasil kerjaan merangkap kasir ama njagain warung.

Tapi ngomong-omong, kalau perkara nambah sumber penghasilan, kita bisa juga menyediakan pernak-pernak atau peralatan yang terkait dengan sepeda motor, misalnya kain lap semacam kanebo, shampo/ semir ban dll. Bahkan bisa juga asesoris sepeda motor seperti spion, stiker dll.

Kalau mau buat nyoba, ya sediain sedikit dulu saja, sambil melihat respon pelanggan.

5. Promosi

Promosi ini sangat penting untuk dilakukan untuk menambah pelanggan kita. Ada beberapa promosi yang lazim dilakukan oleh pelaku bisnis cuci motor ini. Salah satunya dengan memberikan penawaran gratis cuci setiap beberapa kali mencucikan. Penawaran ini biasanya dengan cara memberikan kupon kepada pelanggan setiap kali mencuci, yang bisa dikumpulkan dan diberikan kembali kepada kita setelah terkumpul beberapa kupon untuk mendapatkan fasilitas cuci gratis.

Bentuk promosi yang lain, yaitu dengan undian berhadiah. Untuk ini, tentunya harus ada kupon tersendiri yang bisa diberikan kepada pelanggan untuk setiap kali mencuci atau setiap kali menggunakan fasilitas cuci gratis (yang berarti setelah beberapa kali mencuci).

Dan jangan lupa untuk memberitahukan promosi ini kepada pelanggan. Kalau pelanggan tidak ada yang tahu tentang promosi ini, tentunya tidak akan maksimal hasilnya. Semakin banyak pelanggan yang tahu,maka biaya yang dikeluarkan untuk promosi ini menjadi lebih efektif dan murah.

Biaya untuk promosi yang dianggarkan, bisa diperoleh dengan memotong pendapatan dari setiap unit sepeda motor.

Waduh ngapain ribet-ribet nyediain fasilitas segala?! Orang saya buka cuci sepeda motor gini aja dah laku.
Betul Gan!. Tapi jangan lupa, mencuci motor itu bukan suatu yang sulit. Hampir semua orang bisa melakukannya. Jadi jika dah punya tempat dan peralatannya, siapa saja bisa bisnis cuci sepeda motor. Yang berarti akan menjadi kompetiter kita. Apalagi potensi keuntungan dari bisnis ini sangat menggiurkan, yang tentunya akan mengundang banyak orang untuk mencoba terjun dalam bisnis ini. Kalau yang buka tempat cucinya banyak, maka persaingan akan semakin ketat. Jangankan mau meningkatkan omzet, mempertahankan agar omzet tidak turun saja bisa menjadi sulit.

Demikian beberapainspirasi untuk meningkatkan omzet bisnis cuci sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post