Air Minum Isi Ulang, Bisnis Rumahan yang Menggiurkan

Air Minum Isi Ulang, Bisnis Rumahan yang Menggiurkan - Air minum sangat dibutuhkan manusia dan mahluk lain untuk hidup. Manusia bisa tetap hidup, walaupun tidak makan selama beberapa hari. Namun sulit untuk bisa bertahan hidup jika tidak minum air dalam jangka waktu yang sama.

Bisnis air minum merupakan bisnis yang sangat menggiurkan. Sebab setiap manusia membutuhkannya. Tidak heran jika banyak sekali merk produk-produk air yang dijual dalam kemasan, dan terus bertambah jumlah merk-merk baru. 

outlet air minum isi ulang

outlet air minum isi ulang

Gbr. equacoteknik.blogspot.com
Pergeseran tren dimasyarakat yang serba praktis, membuat banyak orang yang mulai meninggalkan cara menggolah air minum dengan cara direbus (kecuali untuk minuman yang panas, semacam teh ataupun kopi) dengan cara yang instan, yaitu air minum dalam kemasan atau menggunakan mesin pengolah air yang mengubah air mentah menjadi air siap minum. 

Namun air minum kemasan maupun mesin pengolah air, masih dirasa cukup mahal untuk banyak orang.

Untuk bisa ikut bermain dalam bisnis air minum kemasan, tentunya sangat besar modal yang dibutuhkan. Namun kita tetap bisa ikut berbisnis air minum dengan modal yang tidak terlalu besar.

Peluang bisnis air minum isi ulang, walaupun tidak bisa disebut sebagai peluang bisnis baru, namun merupakan salah satu bisnis yang patut dilirik. 

Diawal kemunculan bisnis air minum isi ulang ini, modal yang dibutuhkan cukup besar, bahkan bisa mencapai ratusan juta. Namun pada perkembangannya mulai banyak produsen/ penjual peralatan air minum isi ulang yang menawarkan paket peralatan air minum isi ulang ini dengan harga yang relatif rendah. Tergantung dari merk dan kualitasnya.

Dengan harga yang relatif lebih rendah, membuat  bisnis ini menjadi lebih terjangkau masyarakat. Apalagi jika memanfaatkan sebagian ruang tamunya sebagai outlet, sehingga lebih memperkecil modal yang harus dikeluarkan.

Tidak salah jika ada yang menyebut bisnis ini sekarang menjadi bisnis rumahan yang menggiurkan.  Hanya dengan memanfaatkan ruangan tamu atau garasi, memesan paket peralatan air minum isi ulang, bisnis sudah bisa dijalankan.

Penjual paket peralatan air minum isi ulang ini, akan merakit dan mendesain ruangan outlet sesuai dengan ukuran ruangan, atau sesuai dengan kebutuhan.

Dengan modal kurang dari 50 juta rupiah atau bahkan tanpa modal, karena ada yang berani menawarkan paket peralatan air minum isi ulang yang bisa dibayar dengan sistem kredit. 

Dengan  sistem kredit, tentu saja modalnya menjadi sangat kecil bahkan tanpa modal, jika tempat/ outlet sudah tersedia. Dana pembayaran kredit bisa diambilkan dari hasil penjualan air minum isi ulang.

Pada perkembangannya, penggunaan air minum isi ulang ini tidak hanya digunakanuntuk minum saja, namun mulai banyak digunakanuntuk keperluan memasak juga. Hal ini tidak lepas dari kondisi air tanah yang kualitasnya semakin buruk, akibat banyaknya limbah yang terserap ketanah. Sementara dengan menggunakan air minum berlangganan semacam PDAM pun tidak menjamin kualitas airnya bagus. Bau bahan kimia semacam kaporit yang berfungsi menjernihkan air, semakin lama semakin terasa menyengat. Dan tentu saja membuat pelanggan menjadi berpikir ulang untuk menggunakan air tersebut untuk dikonsumsi.
Hal itu semakin diperparah ketika musim kemarau tiba. Keluhan pelanggan tentang air minumnya yang hanya mengalir dimalam hari atau bahkan tidak mengalir sama sekali, masih saja terdengar.

Dan sebagai orang bisnis, kondisi ini tentu bisa menjadi peluang yang bagus. Bisa dibayangkan seandainya dalam satu keluarga dengan 4 oranga anggota, masing-masing orang minum 1 liter air/ hari, mereka juga menggunakan air minum isi ulang untuk memasak sayur maupun menanak nasi, kira-kira berapa galon yang mereka butuhkan dalam seminggu? Berapa banyak keluarga yang ada disekitar kita?

Menarik bukan? Yuk kita lanjut membahas perhitungan bisnisnya pada artikel yang akan datang.
Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan memberi inspirasi pada kita bersama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post