Tips Memilih Perusahaan Penyelenggara Pembayaran Online

Untuk memulai bisnis pembayaran online, maka kita harus terdaftar dan menyimpan uang deposit pada perusahaan penyelenggara pembayaran online. 

Sa'at ini ada banyak perusahaan penyelenggara pembayaran online ini. Masing-masing perusahaan tersebut menawarkan berbagai macam fasilitas dan kemudahan kepada para mitra-mitra kerjanya, yaitu para pemilik loket pembayaran online. Namun tidak semua fasilitas dan kemudahan tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pemilik loket pembayaran online dalam melayani pelanggannya. Sehingga kita perlu memilih perusahaan mana yang sesuai untuk kita jadikan mitra kerja bisnis pembayaran online.

Ada beberapa poin yang perlu di perhatikan dibawah ini :

1. Pastikan Profil dan Legalitas Perusahaan

Profil dan legalitas perusahaan penyelenggara pembayaran online ini sangat penting. Ini untuk memastikan kita bahwa kita bekerjasama dengan perusahaan yang berijin resmi. Walaupun bisnis loket pembayaran online ini termasuk bisnis modal kecil, namun potensi perputaran uang yang ada tidak bisa dianggap remeh, sehingga akan lebih aman dan tenang jika kita jelas bermitra dengan perusahaan yang profil dan legalitas yang jelas pula.

2. Lihat Produk Layanan

Semakin banyak produk layanan yang ditawarkan, semakin besar peluang kita untuk bisa menjaring konsumen. Loket pembayaran online yang menyediakan jasa pembayaran tagihan PLN, TELKOM saja, tentu akan kalah diminati dibanding yang bisa melayani pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, angsuran kredit, dll. Karena pada dasarnya konsumen itu membutuhkan kemudahan, kalau bisa membayar semua tagihan di satu tempat, kenapa harus repot-repot mendatangi satu persatu tempat pembayaran tagihan yang berbeda-beda.

tampilan aplikasi sistem ppob fastpay
Contoh tampilan aplikasi sistem pembayaran online Fastpay

3. Fasiltas dan Support

Fasilitas dan support yang perlu diperhatikan :

* Kemudahan transaksi

Kemudahan dalam menjalankan sistem transaksi sangat penting. Secanggih apapun sistemnya, jika untuk menjalankannya sulit, tentu akan mengurangi kecepatan layanan dan menimbulkan resiko kekeliruan dalam bertransaksi.

* Keamanan transaksi

Jaminan keamanan transaksi adalah wajib. Jangan sampai uang yang sudah dibayarkan konsumen melalui jasa loket pembayaran online kita, tidak sampai pada yang dituju.

* Kemudahan pembayaran deposit

Jika banyak rekening bank yang bisa kita gunakan untuk menyetor uang deposit kita, maka kita akan lebih mudah, karena kita bisa menyetorkan uang deposit tersebut pada bank yang terdekat.

* Dukungan pemasaran

Dukungan pemasaran ini minimal kita mendapat spanduk/ banner yang mencantumkan nama perusahaan dan jasa yang ditawarkan. Ini penting untuk meyakinkan calon konsumen bahwa loket pembayaran online kita bekerjasama dengan perusahaan yang bonafit dan terpecaya.
Akan lebih bagus lagi jika alamat loket kita tercantum dalam jaringan mereka.

* Costumer service

Kita bisa sewaktu-waktu berkonsultasi, atau komplain jika terjadi permasalahan yang terkait dengan layanan transaksi kepada pelanggan.

4. Sistem Bagi Hasil atau Komisi

Ini sangat-sangat penting, karena kita berbisnis kan untuk nyari hasil toh?! 
Perhatikan berapa komisi atau bagi hasilyang ditawarkan. Bandingkan dengan penawaran dari perusahaan penyelenggara pembayaran online yang lain. Lalu bandingkan juga antara komisi dengan fasilitas yang ditawarkan.

Lebih baik memilih perusahaan yang memberi komisi lebih kecil tetapi memberi fasilitas dan support yang lebih besar. Konsumen tidak akan puas dengan layanan kita, jika waktu transaksi lama, hanya sedikit jenis tagihan yang bisa dibayar dll. Kalau konsumen tidak puas, kemungkinan akan beralih ke loket yang lebih baik layanannya.

Jadi walaupun komisi yang kita peroleh besar, tetapi jika konsumen hanya sedikit yang puas, karena fasilitas dan support perusahaan yang terbatas, tentu hasil yang kita peroleh juga akan terbatas.
Konsumen yang puas kemungkinan akan membawa konsumen yang lain untuk datang. Loket pembayaran online yang ramai oleh konsumen yang puas, bisa menarik kedatangan konsumen yang lain.

Saya harap artikel Tips Memilih Perusahaan Penyelenggara Pembayaran Online ini, bisa menambah ide bisnis kecil bagi kita semau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post