Trik Mengatasi Kesulitan Modal Bisnis Laundry Kiloan

Setelah kita mengetahui perhitungan berapa kebutuhan modal untuk bisnis laundry kiloan dari artikel Modal dan Perhitungan Bisnis Laundry Kiloan, kita bisa sedikit mempunyai gambaran berapa besar dana yang dibutuhkan dan berapa besar potensi penghasilan yang bisa kita peroleh dari bisnis tersebut.

Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel tersebut, bahwa perhitungan tersebut hanya asumsi yang kita gunakan untuk mengukur kemampuan keuangan kita. Jika perhitungan tersebut masih terasa besar, kita bisa saja merubahnya, dengan mengganti asumsinya dengan yang lebih sesuai dengan kondisi kita. Misalnya pada contoh tersebut jika peralatan mesin cuci dan mesin pengering (1 paket) seharga Rp. 12 juta, terlalu mahal, maka kita menyesuaikannya dengan hanya membeli mesin cucinya saja dengan harga yang lebih murah dan tanpa mesin pengering, karena kita menggunkan pengeringan dengan penjemuran. Walaupun dengan cara penjemuran tersebut akan membuat prosesnya semakin lama dan mungkin akan membutuhkan lahan yang lebih besar untuk menjemur, namun setidaknya bisa menghemat modal hingga Rp. 8 juta. 

Jika dengan penyesuaian tersebut masih terasa besar, kita masih bisa menyesuaikan lagi dengan cara membeli 1 saja setrika (karena untuk awal mungkin belum terlalu banyak pakaian yang harus disetrika). Atau bisa juga dengan cara nego dengan pemilik kios, agar bisa menyewanya bulanan, sehingga tidak harus mengeluarkan dana Rp. 10 juta untuk kontrak tempat selama setahun.
Yang tidak kalah pentingnya jika kita bisa membeli peralatannya, terutama mesin cicil dengan cara kredit.

Mungkin lebih jelas kalau pakai poin-poin ya?!
Oke dah, kita coba jabarkan trik mengatasi kesulitan modal bisnis laundry kiloan, dengan poin-poin berikut:
1. Beli peralatan dengan sistem kredit.
2. Sesuaikan peralatan yang dibutuhkan dengan perkiraan kondisi awal, nanti setelah bisnis berjalan dan perlu penambahan ataupun penggantian peralatan yang lebih bagus, baru kita beli lagi yang lebih sesuai.
3. Negosiasi sistem pembayaran sewa tempat tahunan, dengan sistem bulanan.
4. Untuk sementara belilah bahan untuk mencuci secara eceran kemasan kecil, walaupun biasanya harganya lebih mahal daripada beli kemasan besar, tapi bisa untuk menghemat modal. Atau bisa juga dengan memproduksi sabun sendiri, sehingga bisa lebih murah. Anda bisa mendapatkan resep dan cara pembuatannya disini.
5. Jika ke 4 trik diatas masih terasa berat dikantong. Maka kita bisa gunakan trik lain yang lebih sesuai dengan keinginan kita, yaitu dengan trik Bisnis Laundry Kiloan Tanpa Modal.

Pokoknya masalah apapun yang menghambat kita untuk bisnis laundry kiloan, harus kita cari solusinya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ayo dapatkan berkah menjelang bulan Ramadhan dengan promo hadiah setrika listrik dan FREE ongkir untuk setiap pembelian Dryer Whirpool seharga 12 jutaan saja.
Hanya sampai 30 Juni loh gan. Segera kunjungi website kami di www.laundryplasa.com, atau hubungi CS kami di 081216709070 ‪#‎promo‬ ‪#‎free‬ ‪#‎freeongkir‬

*syarat dan ketentuan berlaku

Posting Komentar

Popular Post