Trik Bisnis Laundry Kiloan Tanpa Modal

Beberapa trik untuk mengatasi kesulitan modal bisnis laundry kiloan sudah kita bahas. Namun jika trik tersebut masih terlalu berat untuk kita realisasikan, mungkin kita haru pakai trik bisnis laundry kiloan dengan modal sangat kecil, bahkan bisa dibilang tanpa modal.

Berikut ini beberapa trik yang mungkin bisa kita lakukan untuk bisa bisnis laundry kiloan tanpa modal :
1. Survey beberapa laundry kiloan yang ada disekitar lokasi yang kita bidik, cari laundry yang paling murah.
Usahakan laundry tersebut tidak terlalu dekat dengan kita, namun tidak terlalu jauh dengan lokasi kita. Kalau didaerah kota yang padat penduduk, mungkin laundry yang kita survey yang jaraknya sekitar satu-dua blok, atau 4-5 jalan/ gang dari lokasi kita. Tapi kalau dilokasi yang penduduknya jarang, mungkin kita bisa survey yang berjarak 2-3 km dari lokasi kita.

2. Lakukan penawaran kerjasama dengan pemilik laundry yang kita pilih.
Usahakan kita bisa berhubungan langsung dengan pemilik, agar kita bisa menyampaikan sistem kerjasama yang kita inginkan. Kerjasama dalam hal ini yaitu dengan cara kita memberikan orderan cucian kita kepada laundry tersebut. Syukur-syukur kalau kita bisa dapat harga khusus, namun jika tidak dapat harga khusus, harga jasa laundry kita masih kompetitif karena kita bekerjasama dengan pemilik laundry yang paling murah diwilayah tersebut.

3. Setelah penawaran kerjasama dengan pemilik laundry yang lain sudah disepakati. Kita bisa mulai menyiapkan tempat (outlet) dan peralatan untuk menerima laundry.
Outlet yang kita butuhkan tidak terlalu besar, karena kita hanya butuh tempat untuk menerima, menyimpan sementara pakaian yang akan dilaundry maupun yang sudah selesai tapi belum diambil pemiliknya. Outlet ukuran 2x2 atau 2x3, sudah cukup.

Peralatan yang harus disiapkan hanya :
* rak penyimpan,
* timbangan,
* meja,
* nota beserta alat tulisnya
* kantong kresek
* Spanduk/ banner nama bisnis laundry kita (kalau nggak ada banner/ spanduk yang menyebutkan nama bisnis laundry kita, orang nggak akan tahu kalau kita buka jasa laundry kiloan).

gambar rak penyimpanan pakaian pada laundry kiloan4. Jika 3 trik diatas masih terasa berat juga, mungkin kita bisa menawarkan kerjasama sebagai agen laundry. Kita hanya menyediakan tempat, semua peralatan tersebut diatas bisa kita pinjam dari pemilik laundry. Hasil yang kita peroleh berupa komisi dari setiap kg pakaian yang dilaundry. Konsekuensi dari cara ke 4 ini, kita tidak bisa memakai nama bisnis laundry kita sendiri. Tapi setidaknya kita tetap bisa bisnis laundry kiloan tanpa modal.

Skema penerimaan dan penyerahan pakaian yang dilaundry :

1. Konsumen datang ke outlet kita dan menyerahkan pakaian yang akan dilaundry.
2. Timbang, catat berat, tanggal terima, biaya laundry dan nama pemilik pakaian, pada nota rangkap 2. Dan pemilik pakaian kita beri selembar nota salinan, untuk bukti pada waktu pengambilan.
3. Pakaian yang akan dilaundry kita antar atau diambil oleh laundry yang bekerjasama dengan kita, untuk diproses. Jika kita mempunyai peralatan untuk laundry, maka pakaian tersebut akan kita proses sendiri.
4. Setelah pakaian selesai dilaundry, kita ambil atau diantar oleh laundry yang bekerjasama dengan kita.
5. Ketika  pemilik pakaian datang, dengan menunjukkan nota salinan dan membayar sesuai dengan biaya yang tertera di nota. Kita serahkan pakaian yang dimaksud dan satu transaksi sudah selesai.

Semoga artikel trik bisnis laundry kiloan tanpa modal ini bisa memberi inspirasi kita, untuk mengatasi kesulitan modal yang kita alami.

Semoga sukses selalu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post