Mulai Bisnis Tanpa Modal

Kalau kita bicara tentang memulai suatu bisnis, biasanya yang terlintas dibenak kita untuk pertama kali, mengenai modal. Modal biasanya menjadi suatu yang membuat orang berpikir ulang untuk memulai suatu bisnis. Padahal untuk memulai suatu bisnis tidak selalu harus dengan modal, terutama modal uang. Karena pada dasarnya bisnis itu sendiri hanya bisa jalan oleh sebuah modal utama, yang justru seringkali diabaikan atau dianggap remeh, yaitu modal kemauan kita.

Kemauan kita merupakan modal utama yang sangat besar pengaruhnya untuk menentukan sebuah bisnis akan mulai, berjalan dan berkembang, atau mulai, diam dan mati.

Modal bisnis yang utama serta gratis, tidak membutuhkan uang samasekali, dan melekat dalam diri kita, justru seringkali tidak kita perhatikan. Kita malah lebih suka meributkan masalah modal uang, yang menghambat usaha kita untuk memulai bisnis. 

Lho koq masalah modal uang dianggap menghambat usaha kita untuk mulai bisnis? Kan kalau mulai bisnis modal uang itu penting?
Betul Gan, modal uang itu penting. Tapi kalau gara-gara nggak ada uang jadi nggak bisa mulai bisnis, berarti kan uang menghambat kita untuk mulai bisnis. Kalau ada modal uang sih tentu nggak bakal ngributin masalah uang... iya kan Gan?!.... He he he
Lagi pula, tanpa ada kemauan untuk berbisnis, kita punya uang berapapun juga nggak bakalan kita memulai suatu bisnis, bahkan sebuah bisnis kecil sekalipun.

Dengan modal kemauan, banyak hal yang menghambat kita untuk mulai sebuah bisnis bisa kita singkirkan. Dari mulai uang untuk kulak bahan, peralatan, tempat dan lain-lain, bisa koq kita atasi dengan kemauan kita.
Karena dengan modal kemauan tersebut, kita juga bisa menciptakan modal "kepercayaan" yang merupakan modal dasar yang tidak kalah pentingnya dengan modal "kemauan".

Kepercayaan merupakan modal yang sangat-sangat penting dalam berbisnis. Orang akan ragu bahkan tidak mau berbisnis dengan kita, jika mereka tidak percaya dengan kita. Walaupun kita punya semua yang diperlukan untuk bisnis, barangnya bagus, harganya murah, tempatnya strategis, akan selalu ada keraguan yang menghambat orang lain untuk melakukan bisnis dengan kita. "Barangnya emang kelihatan bagus, tapi asli nggak ya?!" "Harganya emang murah sih, tapi jangan-jangan barang KW 2!?" Dan alasan lain, yang intinya menghambat mereka untuk berbisnis dengan kita.

Bahkan dengan modal "kepercayaan" tersebut masalah modal uang, barang, tempat bisnis dan lain sebagainya, bisa teratasi. Karena bisa jadi dengan sebuah kepercayaan, kita bisa mendapatkan hal itu dari orang yang memilikinya.

Kalau pemilik uang, percaya dengan kita, bisa saja, kita memakai uangnya dulu untuk modal dan baru dikembalikan setelah bisnis kita ada hasil. Bahkan bisa saja uang tersebut dikembalikan dengan cara diangsur. Kalau suplayer atau pemilik barang, percaya dengan kita, bisa saja kita ambil barang dulu baru bayar setelah laku.  Begitu juga dengan pemilik tempat untuk bisnis dan pemilik-pemilik yang lain.

Jadi sebenarnya modal utama untuk menjalankan sebuah bisnis itu adalah "KEMAUAN" Dengan kemauan, kendala apaun yang menghalangi kita untuk mulai bisnis bisa diatasi. Tapi tanpa kemauan, fasilitas apapun yang memudahkan kita untuk mulai bisnis, tidak akan kita mampu memulai bisnis, apalagi mulai bisnis tanpa modal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post