CARA MEMBELI MOBIL DARI BISNIS JAJANAN SEHARGA 500 RUPIAH

Jajanan merupakan bisnis kecil yang tidak bisa diremehkan. Dengan pengelolaan yang baik bisnis yang sering dianggap sebelah mata ini, bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Beberapa waktu yang lalu penulis bertemu dengan seorang pedagang jajanan yang cukup sukses. Didepan rumahnya sudah nongkrong sebuah mobil dan motor 150 cc keluaran terbaru.

Namun mohon ma’af, penulis tidak bisa menyebutkan jenis makanan dan nama bisnis pengusaha muda itu, karena dia sa’at ini masih kualahan untuk melayani banyaknya permintaan.

Dari perbincangan kami, dapat disimpulkan beberapa hal :

.  Bisnis sekecil apapun bisa sangat menguntungkan jika dikelola dengan serius

Ya memang bisnis yang dijalaninya hanyalah bisnis makanan kecil/ jajanan yang biasanya mangkal di depan sekolah-sekolah. Namun bisnis ini mampu memberi penghasilan yang lumayan besar.

2.       Menggunakan bahan baku yang berkualitas

Dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas, dengan cara pengolahan yang benar akan menghasilkan produk yang berkualitas pula.

Produk yang berkualitas tentu akan lebih disukai konsumen, dibanding produk dengan kualitas rendah. Apalagi harga jualnya sama.

Pelaku bisnis jajanan yang penulis temui ini, memang menjual jajanannya dengan harga yang sama dengan pasaran.

Sekilas terlihat keuntungannya berkurang, karena harga bahan baku berkualitas tentu lebih mahal dibanding bahan baku berkualitas rendah. Namun karena rasanya yang enak membuat pelanggannya cukup banyak. Bahkan karena harga jualnya yang sama dengan harga pasaran, membuat pelanggannya tidak ragu merekomendasikan jajanan ini kepada orang lain.

Akibatnya pemasaran dari mulut ke mulut terjadi dalam kasus ini. Dan bisa ditebak, pelanggannya semakin banyak tanpa dia sendiri berpromosi atau pasang iklan.

Keuntungan yang berkurang, namun dengan faktor kali yang besar (laris) membuat keuntungannya cukup banyak.

3.       Membuat tampilan gerobak bisnisnya terlihat bersih dan higienis serta menarik

Gerobak yang mereka gunakan ukurannya cukup besar untuk ukuran gerobak jajanan murah. Kalau dibandingkan kira-kira sebesar gerobak martabak pada umumnya.

Bahan gerobak yang terbuat dari besi dan almunium, membuatnya terlihat kokoh, ditambah dengan kaca display yang lebar. Terlihat gerobak ini bersih dan higienis.

Desain gambar dan tulisan yang menempel pada gerobak sangat menarik. Pemilihan warna dan jenis tulisan maupun gambarnya memaksa orang yang lewat untuk melihatnya.

Sangat terlihat bahwa tampilan gerobaknya didesain oleh orang yang profesional. Hal ini jarang dilakukan oleh seorang pedagang jajanan. Karena menggunakan jasa desain profesional tidaklah murah. Namun hasilnya bisa menarik banyak pelanggan yang memberinya keuntungan berlipat-lipat dari biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan desain tersebut.

Jika Anda membutuhkan jasa desain profesional dengan harga terjangkau, yang sudah melayani banyak pengusaha kecil menengah. Anda bisa mengunjungi  http://bisnis.pro/?reg=jasadesaingrafis.

4.       Membuat jaringan

Seperti halnya Anda, penulis juga awalnya meragukan bagaimana bisa seorang pedagang jajanan seharga 500 rupiah bisa membeli mobil dan motor gede terbaru. Apalagi dirumahnya hanya ada sebuah gerobak yang besar dan menarik.

Ternyata dia sudah membangun jaringan di beberapa tempat. Ada belasan outlet  yang tergabung dalam jaringannya. Sebagian miliknya sendiri, sedangkan yang lain milik rekanan bisnisnya.

Semua outlet dengan gerobak  tersebut dipasok bahan-bahannya. Terutama jajanan yang sudah siap goreng.

5.       Delegasikan pekerjaan teknis pada orang lain

Secara teknik pemilik bisnis jajanan ini tidak banyak terlibat. Hampir semua kegiatan teknis didelegasikan kepada orang lain.

Untuk pengolahan bahan baku dikerjakan oleh para pegawainya, bahkan beberapa bahan yang lain dipesan dari produsen khusus, sehingga lebih praktis (siap pakai), higienis dan murah. Karena dengan memesan dari produsen khusus, umumnya mereka mempunyai pengalaman, keahlian, peralatan yang baik dan bahan baku yang lebih murah.

Anda bisa menghemat waktu, pikiran dan tenaga dengan membeli bahan jadi dari produsen/ suplier khusus. Seperti pada https://goo.gl/uuzHuI

Untuk penjualan sudah dikerjakan oleh para pegawainya dan pegawai rekanannya.

Untuk desain gerobak dan promosi, dia menggunakan jasa profesional.

Namun untuk pengantaran bahan jadi, dia melakukannya sendiri dengan menggunakan mobil yang sudah diberi stiker untuk branding bisnisnya, bertemu, serta berdiskusi dengan para rekananya, agar mendapat masukan bagaimana bisnis tersebut lebih baik dan berkembang.

Sebenarnya dia sudah menjalankan bisnis tersebut sekitar 10 tahun, namun baru berkembang pesat setelah dia memutuskan untuk merubah pengelolaan bisnisnya menggunakan cara tersebut diatas.

Inti dari tulisan diatas adalah :
1.       Fokus dan serius menjalankan bisnis
2.       Gunakan bahan baku berkualitas
3.       Buat tampilan menarik pada outlet atau kemasan produk
4.       Buat jaringan bisnis
5.       Delegasikan pekerjaan teknis pada orang lain

Semoga bermanfaat... dan jangan lupa untuk segera action, jangan kebanyakan mikir.

Seperti petuah tokoh bisnis nasional, almarhum Bob Sadino :
“Orang goblok itu gak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah.”


Silahkan di share, jika Anda setuju J

1 komentar:

agen poker mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

Poker Online
Agen Poker Online
PokerV
Poker uang Asli

Poskan Komentar

Popular Post