Karakteristik Orang Kuadran Kanan

Pada artikel “karakteristik orang kuadran kiri” kita sudah sedikit membahas mengenai karakteristik orang-orang mendapatkan uang penghasilan mereka dari kuadran kiri, baik sebagai pegawai maupun sebagai pegawai lepas/ mandiri. Maka pada kesempatan ini, kita mencoba membahas mengenai karakteristik orang-orang yang mendapatkan uang penghasilan dari kuadran kanan, sebagai pemilik bisnis dan investor.

Kuadran B (pemilik bisnis)             

Pemilik bisnis lebih suka mendelegasikan pekerjaan rutin kepada orang lain. Mereka lebih fokus pada sistem yang mengatur dan membuat operasional bisnis mereka bisa berjalan sendiri.

Antara pemilik bisnis dan pegawai lepas/ mandiri yang mempunyai/ dibantu pegawainya, sepintas mirip. Yang membedakan mereka, jika pegawai lepas/ mandiri lebih suka mengerjakan sendiri. Pemilik bisnis lebih suka mendelegasikan kepada orang lain, untuk menjalankan bisnisnya sesuai dengan sistem yang ada.

Contoh paling mudah mungkin dengan membandingkan toko tradisional yang dikelola pemiliknya, dengan dibantu beberapa orang pegawai. Dengan toko modern yang dikelola beberapa orang pegawai, tanpa kehadiran pemiliknya.

Cara paling cepat dan mudah untuk menjadi pemilik bisnis, yaitu dengan membeli bisnis atau usaha yang sudah berjalan otomatis. Ini bisa dilakukan dengan membeli waralaba.

Waralaba yang baik tentu mempunyai support system yang baik, tidak hanya sekedar menjual hak pakai brand/ merk ataupun bahan baku. Hanya saja untuk mencari waralaba yang baik tidaklah mudah. Apalagi karena banyak usaha yang sebenarnya belum bisa disebut waralaba, namun mereka menawarkannya sebagai sebuah waralaba.

Kuadran I (penanam modal)

Investor ini menanamkan uangnya sebagai modal untuk sebuah atau beberapa bisnis, tanpa dia ikut bekerja sama sekali dalam bisnis tersebut. Boleh dikatakan, mereka membuat uang dengan uang.

Misalnya kita mempunyai saham pada sebuah perusahaan. Kita tidak ikut campur urusan operasional perusahaan tersebut, namun kita akan mendapat bagian keuntungan berupa deviden.

Perdagangan di bursa saham
Gambar : www.carabermainsaham.com

Tapi terkadang kita sulit membedakan antara penanam modal yang mendapatkan uang dari deviden saham suatu perusahaan, dengan padagang saham, yang mendapatkan uang dari hasil perdagangan saham.


Demikian sekilas tentang karakteristik orang yang mendapatkan uang dari kuadran kanan. Semoga artikel singkat ini bisa sedikit menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post