Peralatan Bisnis Laundry - Mesin Pengering

Pada waktu awal menjalankan bisnis laundry kiloan, ketika order jasa cucian belum banyak, sehingga jumlah pakaian yang dikeringkanpun belum banyak. Untuk proses pengeringan setelah pakaian diperas, bisa dengan dijemur atau diangin-anginkan. Namun ketika order jasa cucian sudah mulai banyak, pengeringan dengan dijemur sudah tidak efektif lagi. Disamping karena membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menjemur, juga karena proses pengeringan yang cukup lama.
mesin pengering ELECTROLUX EDV 500 kapasitas 5 KG


Keterbatasan tempat, lamanya proses pengeringan, resiko terkena kotoran lagi (debu, tai burung dll), cuaca yang tidak menentu ketika musim hujan, membuat proses pengeringan dengan penjemuran menjadi kurang efektif dan bisa menyebabkan hasil pekerjaan menjadi tidak maksimal. Pakaian yang tidak kering sempurna, bisa menyebabkan berbau. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan menggunakan mesin khusus untuk pengeringan.

Mesin pengering atau dryer biasanya digunakan agar proses pengeringan pakaian lebih cepat (hanya butuh waktu sekitar 1-2 jam) daripada proses pengeringan dengan cara di jemur. Selain itu hasil pengeringannya lebih merata, karena panasnya stabil dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Saat ini ada dua jenis model mesin dryer yang ada dipasaran dan bisa digunakan dalam laundry kiloan, yaitu mesing pengering listrik dan mesin pengering gas.

Mesin Pengering Listrik


Menggunakan mesin pengering jenis ini cenderung lebih praktis. Cukup dengan menyambungkan ke aliran listrik, serta mengatur panas dan waktu yang diinginkan. Namun sayangnya mesin pengering listrik yang standar, membutuhkan daya listrik yang cukup besar (sekitar 2000 watt),  serta waktu pengeringan yang lebih lama dibanding mesing pengering gas. Karena mesin pengering ini menggunakan elemen listrik sebagai pemanasnya.

Harga mesin pengering listrik umumnya lebih murah dibanding jenis pengering gas. Sehingga cukup ekonomis untuk menekan biaya awal/ modal. 

Mesin Pengering Gas


Mesin pengering gas ini menggunakan gas untuk pemanasannya, namun tetap membutuhkan listrik. Daya listrik yang dibutuhkan umumnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 300 watt, karena hanya untuk menyalakan blower/ kipas yang membantu mengalirkan udara panasnya serta beberapa fasilitas pengatur. Namun beberapa produsen lokal, sudah mampu memproduksi mesin pengering gas ini dengan teknologi terbaru, yang hanya membutuhkan daya listrik kurang dari 100 watt.

Kelebihan menggunakan pengering gas ini, disamping biaya operasional lebih ekonomis, serta lebih cepat proses pengeringannya.  

Sedangkan kelemahan mesin pengering ini yaitu pada kekurangpraktisannya, baik karena instalasinya yang agak rumit (ada instalasi listrik dan gas) juga karena harus mengganti tabung jika gasnya habis. Jika gas habis ketika proses pengeringan belum selesai, tentu agak mengganggu.

Dari kelebihan serta ekonomisnya biaya operasional, walaupun harus mengganti tabung jika gas habis, lebih banyak pelaku bisnis laundry kiloan yang menggunakan mesin pengering gas dibanding mesing pengering listrik. Hanya saja untuk mendapatkannya kita harus menyiapkan modal lebih banyak, karena harganya yang lebih mahal.

Selisih harga lebih mahal antara 1 – 2 juta, dibanding mesin pengering listrik, sebenarnya tidaklah berat. Karena itu hanya diawal pembelian saja. Sedangkan untuk operasionalnya yang lebih cepat dan ekonomis, tentu akan lebih menguntungkan.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Untuk anda pemilik laundry yang sudah memiliki mesin pengering listrik, tidak perlu membeli mesin baru. Cukup dikonversikan saja dan anda sudah dapat melakukan penghematan hingga 30%..Harga hanya 2 juta dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia tersedia juga setrika uap dan mesin pengering serta mesin cuci. Info lebih lanjut hubungi 08562590322 bospengeringlaundry.blogspot.com

Bisnislaundrykiloan.com mengatakan...

Bagi yang ingin memulai usaha laundry dan belum tahu cara memanage laundrynya? Bisa menghubungi kami untuk info waralaba dan franchise laundry.

Posting Komentar

Popular Post