Bisnis Cuci Sepeda Motor

Bisnis Cuci Sepeda Motor - Sepeda motor sa’at ini menjadi kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan masyarakat. Kendaraan serba guna ini menjadi pilihan favorit masyarakat. Disamping karena fungsinya juga karena harganya yang relatif lebih murah dibanding kendaraan bermotor lain. 
mencuci sepeda motor - sumber gambar motor.otomotifnet.com/
ilustrasi | motor.otomotifnet.com/
Menurut data kakorlantas Polri, pada tahun 2012 jumlah sepeda motor tercatat berjumlah 77,7 juta unit, atau 82,4% dari total kendaraan bermotor di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat 12% dari tahun sebelumnya, atau sekitar 8,5 juta unit.

Banyaknya jumlah sepeda motor ini bisa menjadi peluang berbagai macam bisnis yang terkait, dari mulai bisnis sparepart, aksesoris, bengkel, parkir, cuci sepeda motor dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini mari kita coba membahas mengenai salah satu bisnis terkait sepeda motor, yaitu bisnis cuci sepeda motor. Ini merupakan bisnis modal kecil yang potensial, mengingat begitu banyak dan penambahan jumlahnya pertahun.

Alasan kenapa bisnis cuci sepeda motor menjadi bisnis yang potensial :

1. jumlah kendaraan yang mencapai 77 juta unit.

Misalnya dalam 1 hari ada 10% saja sepeda motor yang akan dicucikan, berarti ada sekitar 7 juta unit sepeda motor yang siap untuk digarap. 

2. peningkatan jumlah kendaraan yang mencapai 8 juta unit.

Dengan peningkatan jumlah kendaraan yang mencapai 8 juta/ tahun, sementara sepeda motor yang lama tidak hilang. Maka jumlahnya akan semakin banyak dan bertambah banyak setiap tahunnya.

3. frekwensi pemeliharaan yang paling sering dilakukan.

Mencuci sepeda motor merupakan salah satu cara perawatan yang paling sering dilakukan oleh pemilik kendaraan, dibanding perawatan mesin berkala, ganti oli dll.

4. keterbatasan alat cuci pemilik sepeda motor.

Mencuci sepeda motor bisa dilakukan siapa saja, dengan alat seadanya. Cukup dengan seember air, sedikit shampo motor, sikat dan kain lap, proses mencuci sepeda motor bisa dilakukan. Namun untuk membersihkan bagian-bagian yang sempit, mencuci dengan sikat tidak bisa maksimal. Diperlukan mesin cuci sepeda motor dengan semprotan air bertekanan tinggi (high pressure) yang mampu  menjangkau bagian yang sempit, agar kotoran dibagian tersebut bisa rontok.

Karena tidak banyak pemilik sepeda motor yang mempunyai alat cuci ini, maka mereka tentu membutuhkan jasa cuci sepeda motor agar sepeda motor mereka bisa lebih bersih, hingga kebagian-bagian yang sempit.

5. Modal awal yang relatif kecil

Untuk memulai bisnis cuci sepeda motor ini hanya dibutuhkan peralatan utama yaitu mesin cuci tekanan tinggi. Peralatan yang lain jika kita mengikuti tren cuci sepeda motor sekarang dengan istilah cuci salju, yaitu tabung salju serta mesin kompresor.

Jika kita ingin proses pencucian sepeda motor lebih mudah, lebih teliti sehingga lebih bersih dan  memberi tampilan lebih modern, kita bisa menambahkan fasilitas lift untuk mengangkat sepeda motor.  Sehingga bagian yang sempit serta bagian bawah sepeda motor bisa terlihat lebih jelas dan lebih mudah membersihkannya.

6. Mudah cara menjalankannya

Secara umum menjalankan bisnis ini cukup mudah. Tidak berbeda dengan mencuci sepeda motor biasa, hanya saja karena ini adalah bisnis jasa yang menggunakan peralatan khusus maka hasilnya pun tentu lebih bersih.

Terima kasih sudah berkenan untuk membaca artikel "Bisnis Cuci Sepeda Motor", semoga bisa menambah ide bisnis modal kecil ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post