Tips Memulai Bisnis Minuman Teh

Untuk memulai bisnis minuman teh ini ada beberapa langkah yag harus diperhatikan. Walaupun bisnis ini bisnis modal kecil, namun kita sebaiknya tetap menjalankannya dengan sungguh sungguh.

Berikut beberapa tips memulai bisnis minuman teh :

1. Pemilihan bahan baku minuman teh

Bisnis minuman teh merupakan bisnis yang terkait rasa. Pemilihan rasa bahan baku sangat penting. Jika kita membidik konsumen lokal, kita bisa menggunakan bahan baku teh yang paling populer/ paling banyak dikonsumsi dimasyarakat setempat. Karena kemungkinan produk kita lebih bisa diterima oleh masyarakat setempat. Namun jika kita membidik konsumen secara umum atau ada harapan bisnis kita akan berkembang sampai keluar daerah, mungkin kita bisa pertimbangkan menggunakan merk yang sudah terkenal, terutama jika sudah ada waralaba minuman sejenis, semisal teh poci, teh Tong jie, teh gopek dan lain-lain, kita bisa menggunakan merk yang sama dengan merk-merk tersebut.

2. Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi diusahakan ditempat yang ramai, terutama ramai orang berjalan, dan disesuaikan dengan sasaran pembeli kita. Lokasi seperti dimaal, pertokoan, perkantoran, kampus, sekolah, merupakan lokasi yang sering dibidik. Tapi perlu diperhatikan juga dibagian/ dilokasi atau di waktu apa lokasi tersebut ramai oleh pengunjung. Bisa jadi walaupun kita berada dimall, tetapi jika lokasi tersebut tidak banyak dilewati orang, tentunya peluang adanya pembeli lebih sedikit dibanding jika banyak orang yang lewat.

Atau jika memilih lokasi dikampus atau disekolahan, tentunya ada waktu tertentu yang sepi karena aktivitas belajar mereka sedang berlangsung. Untuk itu perlu dipilih lokasi yang bisa terlihat oleh konsumen umum, selain konsumen dari sekolah tersebut. Misalnya di lokasi kampus yang dekat dengan jalan, sehingga ada kemungkinan orang lewat juga bisa membeli produk kita.

3. Penentuan Harga

Penentuan harga dipengaruhi dengan sasaran pasar kita. Dan ini juga dipengaruhi oleh lokasi. Kalau lokasi kita ada di mall, pertokoan atau perkantoran, harga kisaran Rp 3.500, s/d Rp 5.000, masih cukup kompetitif. Namun jika kita berjualan dilokasi kampus atau sekolah, mungkin harga lebih dari Rp. 3.500,- agak kemahalan, kecuali di kampus atau sekolah elite.

Tapi untuk minuman teh ini, harga jualnya rata-rata sekitar Rp. 2.500 sampai Rp. 3.500,-. tergantung lokasi dan kondisi.

4. Pemilihan desain both/ meja counter dan spanduk/banner

Both/ meja counter dan spanduk/ banner, sangat penting untuk membuat calon konsumen tertarik dan yakin dengan produk yang kita jual. Tidak kuatir nggak enak, nggak kuatir kurang higeinis dan kekuatiran-kekuatiran lain yang menghalangi mereka untuk membeli produk kita.

Terima kasih anda sudah berkenan membaca artikel "Tips Memulai Bisnis Minuman Teh", semoga memberi inspirasi bisnis kecil bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post