Mesin Semprot Tekanan Tinggi

Untuk menjalankan bisnis cuci motor umumnya menggunakan peralatan utama yaitu mesin semprot tekanan tinggi. Mesin semprot tekanan tinggi ini, sebenarnya bukan mesin khusus untuk mencuci sepeda motor saja, namun bisa untuk banyak keperluan lain yang membutuhkan semprotan tekanan tinggi, baik untuk daya tekanannya yang tinggi (untuk mencuci mobil, mencuci batuan taman yang berlumut dll), maupun untuk uap air yang dihasilkannya (untuk penyebaran desinfektan, pengontrol kelembapan air dll).

Ada beberapa model mesin semprot tekanan tinggi yang berada dipasaran, beberapa yang paling banyak yaitu jet cleaner dan pump power sprayer.

Mari kita sedikit mengenal beberapa model mesin semprot tekanan tinggi ini :

JET CLEANER seri NLG HPC-40TS

Jet cleaner seri NLG HPC-40TS, merupakan mesin semprot tekanan tinggi yang banyak beredar dipasaran. Model portabel beroda yang praktis serta harganya yang murah (sa’at ini tidak lebih dari 1 juta rupiah), membuat mesin ini banyak digunakan untuk memulai bisnis cuci motor, terutama model rumahan. Sebab mesin jet cleaner ini menggunakan tenaga listrik sekitar 700 watt.

Tekanan maksimal yang bisa dihasilkan jet cleaner ini mencapai 40 bar, cukup untuk merontokkan kotoran yang melekat dibagian-bagian sempit sepeda motor.

Peralatan bisnis cuci sepeda motor : JET CLEANER NLG HPC-40TS

Secara ringkas Spesifikasi Jet cleaner seri NLG HPC-40TS adalah sebagai berikut :
-Motor Capacity :700 Watt
-Max. Pressure : 40 Bar
-Working Flow Rate : 4.6L/min
-Max. Pressure Water Supply : 4 Bar
-Max. Water Temperature : 50ºC
-Voltage : 220V/50Hz
-Hose Length : 5 mtr
-Dimension ( L x W x H): 40 x 28 x 28 cm
-Net Weight : 10.00 Kg


Pump POWER SPRAY “IKAME” IK 30

Mesin pompa power sprayer ini bisa digerakkan dengan menggunakan mesin berbahan bakar bensin atau dengan menggunakan dinamo yang menggunakan listrik. Jenis mesin pompanya sama, hanya penggeraknya yang berbeda.

Untuk pelaku bisnis cuci sepeda motor yang lokasinya kontrak berupa tanah kosong tanpa bangunan, pompa power spray ini lebih cocok untuk digunakan. Sebelum tempat cuci motor ada aliran listriknya, maka pompa power sprayernya bisa digerakkan dengan mesin tenaga bensin.

Dengan tekanan maksimal 30 – 40 bar, mesin pompa ini tidak jauh beda hasil cucinya dengan jet cleaner.
Harga dipasaran untuk power spray ini antara Rp. 2.700.000 – Rp. 3.000.000.

Berbeda dengan jet cleaner yang mesinnya otomatis akan mati jika nozle/ tombol penyemprot dilepas, maka power sprayer ini (terutama yang bergerak mesin bensin) harus dimatikan mesinnya langsung, untuk menghentikan semprotan. Sehingga umumnya agar tidak berulang kali mematikan dan menyalakan mesin, ketika sedang tidak digunakan untuk menyemprot (ketika sedang memberi shampo, menyikat rantai yang kotor kena oli atau proses pembersihan yang lain ) maka stik penyemprotnya dimasukkan ke penampung air.

mesin Power spray IK 30 dengan mesin bensin

Ringkasan Spesifikasi POWER SPRAY “IKAME” IK 30 adalah sebagai berikut :
-Max Presure : 30-40 bar
-Spraying Pressure : 22-45 Kg/cm2
-Speed : 800 – 1200 rpm
-WaterSuction : 30 – 40 ltr/min
-Plunger no. x Dia x Stroke: 3 x 30 x 20 min



Demikian sedikit informasi mengenai peralatan bisnis cuci sepeda motor "Mesin semprot tekanan tinggi". Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini wilayah mana yɑ̤̥̈̊ªªªª☺˚˚°??.
Kerja sama dgn leasing semacam adira,spekta,kridit plus ƍäª yɑ̤̥̈̊ªªªª☺˚˚°??.

Joe mengatakan...

@Juragan Tama Ken : Silahkan kunjungi toko peralatan di kota anda. Sekarang sudah banyak toko peralatan yang bekerja sama dengan leasing :)

Unknown mengatakan...

Bisakah mesin "IKAME " IK 30 menghisap air sejauh 100 meter...tolog dibls ya pak+bu

Ghani Rozaqi mengatakan...

wah mantep gan artikel-nya. ane juga ada artikel tentang cuci motor, utamanya bagi yang baru mulai usaha cuci motor bisa main ke CIMOTZ

yang di daerah Cimahi, ditunggu bawa motornya untuk dicuci di kami yaa..

terima kasih

Posting Komentar

Popular Post